Laporkan Masalah

ANALISIS YURIDIS SENGKETA PERLINDUNGAN MEREK TERKENAL �HOT WHEELS� ANTARA MATTEL, INC DENGAN YONGHWA WONGSODIREDJO

JEKSON SIMANJUNTAK, S.E.MM, Veri Antoni, S.H., M.Hum

2015 | Tesis | S2 Hukum

Penelitian tentang Analisis Yuridis Sengketa Perlindungan Merek Terkenal "Hot Wheels" Antara Mattel, Inc dengan Yonghwa Wongsodiredjo bertujuan untuk mengetahui apa saja dasar-dasar perbedaan Putusan Hakim di setiap tingkatan peradilan dalam kasus merek "HOTWHEELS" dan untuk mengetahui dasar MATTEL,Inc menyatakan "HOT WHEELS" sebagai merek terkenal. Tipe penelitian ini merupakan penelitian yuridis normatif yang dilengkapi dengan penelitian yuridis empiris. Hasil studi kepustakaan dianalisis secara sistematis sehingga diperoleh gambaran yang menyeluruh mengenai asas-asas hukum, kaidah-kaidah hukum dan pengertian hukum yang melingkupi perlindungan hukum terhadap pemilik merek terdaftar atas adanya gugatan pembatalan merek. Data yang diperoleh dari penelitian ini dianalisis secara kualitatif, yaitu dengan memperhatikan faktor-faktor yang ada dalam praktik untuk melengkapi uraian yang diperoleh dari studi kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa di tingkat Pengadilan Niaga bahwa Merek HOT WHEELS yang dimiliki YONGHWA WONGSODIREDJO terdapat persamaan pada pokoknya dengan Merek HOT WHEELS milik MATTEL,Inc. YONGHWA WONGSODIREDJO adalah pendaftar merek yang beritikad tidak baik yang meniru dan membonceng keterkenalan Merek HOT WHEELS milik MATTEL,Inc Merek HOT WHEELS milik MATTEL,Inc adalah merek terkenal. Di tingkat Mahkamah Agung (Kasasi) alasan gugatan MATTEL,Inc ditolak karena permasalahan domisili YONGHWA WONGSODIREDJO yang berada di Surabaya, Jawa Timur. Alasan MATTEL,Inc Mengkonstruksikan Merek HOT WHEELS Sebagai Merek Terkenal adalah memiliki bukti sertifikat pendaftaran merek HOT WHEELS diberbagai negara, bukti-bukti promosi yang gencar dan terus menerus sampai saat ini yang terdapat di media cetak dan elektronik, bukti-bukti survey yang menyatakan merek HOT WHEELS dikenal masyarakat dan Merek HOT WHEELS telah memenuhi syarat-syarat sebagai merek terkenal yang terdapat dalam Penjelasan Pasal 6 ayat 1 (b) Undang- Undang Nomor 15 Tahun 2001 tentang Merek

Research on the Analysis of the Juridical Dispute Protection Famous Brand "Hot Wheels" Between Mattel, Inc. with Yonghwa Wongsodiredjo aims to find out what are the basics of differences Decision Judges at every level of court in the case of the brand "Hotwheels" and to know the basic MATTEL, Inc. stated "HOT WHEELS "as a famous brand. This type of research is a normative juridical research which is equipped with juridical empirical research. Results were analyzed in a systematic literature study in order to obtain a comprehensive picture of the general principles of law, the rules of law and the law surrounding the notion of legal protection against the owner of the registered trademark on the trademark lawsuit. Data obtained from this study were analyzed qualitatively, namely by taking into account factors that exist in practice to complement the description obtained from the literature study. The results showed that at the level of the Commercial Court that the brands owned HOT WHEELS WONGSODIREDJO Yonghwa are similar in principle to the brands owned MATTEL HOT WHEELS, Inc. Yonghwa WONGSODIREDJO is brand registrant bad faith that mimic and piggybacking fame Brand MATTEL HOT WHEELS owned, Inc. Trademark owned MATTEL HOT WHEELS, Inc. is a well-known brand. At the level of the Supreme Court (cassation) lawsuit reason MATTEL, Inc. was rejected because of problems Yonghwa WONGSODIREDJO domicile in Surabaya, East Java. Reason MATTEL, Inc. Constructing Brand HOT WHEELS As Famous Brand is to have proof of registration certificate brand HOT WHEELS various countries, evidence of a vigorous campaign and continuing to date contained in the print and electronic media, evidence of a survey stating the brand HOT WHEELS known to the public and the brand HOT WHEELS have fulfilled the requirements as contained in the famous brand Elucidation of Article 6, paragraph 1 (b) of Law Number 15 of 2001 on Marks

Kata Kunci : Perlindungan Merek Terkenal, Hot Wheels

  1. S2-2015-233017-abstract.pdf  
  2. S2-2015-233017-bibliography.pdf  
  3. S2-2015-233017-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2015-233017-title.pdf