Laporkan Masalah

STRUKTUR GAYA HIDUP DALAM MEDIA : KONSTRUKSI MAJALAH DEWI ONLINE ATAS DUNIA FASHION

RIRIH MEGAH SAFITRI, Prof. Dr. Irwan Abdullah

2015 | Tesis | S2 ILMU ANTROPOLOGI

Perkembangan teknologi informasi telah membuat masyarakat berada pada suatu tahap kemajuan mengingat berbagai kegiatan dan kebutuhan manusia telah bertumpu pada teknologi dan media informasi tersebut. Teknologi dan media informasi menjadi pusat orientasi atas berbagai persoalan hidup manusia. Gaya hidup menjadi salah satu ranah yang lekat dengan keberadaan teknologi dan media. Pada konteks ini teknologi dan media difungsikan untuk mendistribusikan berbagai perkembangan gaya hidup, khususnya gaya berbusana. Dengan kata lain, teknologi dan media tidak memproduksi produk-produk fashion dan benda-benda material lainnya yang terkait dengan gaya hidup. Teknologi dan media justru memproduksi informasi-informasi terkait dengan perkembangan gaya hidup dan fashion. Majalah Dewi Online yang diacu dalam penelitian ini menjadi salah satu media yang berperan sebagai pabrik untuk mendistribusikan berbagai perkembangan gaya hidup baik dalam skala nasional maupun internasional sesuai dengan identitas Majalah Dewi Online sebagai salah satu majalah fashion dan gaya hidup premium di Indonesia. Pada kajian ini kontruksi media atas gaya hidup akan bertumpu pada tiga area. Pertama, Majalah Dewi Online sebagai bagian dari media massa memiliki identitas dan budayanya sendiri sehingga penyampaian berita perkembangan gaya hidup dan busananya akan disesuaikan dengan identitas dan budaya yang dimilikinya sebagai majalah busana dan gaya hidup premium di Indonesia. Oleh karena itu, konten unggahan Majalah Dewi Online akan berbeda dengan majalah busana dan gaya hidup yang lainnya. Berbagai konten unggahan dalam situs online majalah Dewi tidaklah bersifat netral karena terikat pada nilai-nilai dan struktur sosial yang ada dalam lingkungan sosial masyarakat. Referensi gaya hidup dan gaya berbusana yang ditawarkan Majalah Dewi Online dalam situsnya sangat kompleks mengikuti kompleksitas gaya hidup dan gaya berbusana dalam masyarakat yang semakin global. Kompleksitas tersebut merujuk pada benda-benda material maupun perilaku yang mengkonstruksi suatu gaya hidup maupun kompleksitas makna yang terkandung dalam berbagai benda material. Kajian gaya hidup dan media menunjukkan bahwa peran dan pengaruh media sangat substansial dalam kehidupan manusia. Gaya hidup kemudian dikonstruksikan Majalah Dewi Online sebagai suatu unsur pembeda antara individu satu dengan yang lainnya, mengingat gaya hidup merupakan satu pilihan bebas bagi setiap individu. Konstruksi gaya hidup oleh media pada dasarnya tidak terlepas dari manipulasi-manipulasi simbolik dalam konten unggahannya yang menunjukkan bahwa aspek moralitas tidak menjadi pertimbangan utama lagi dalam proses konstruksi gaya hidup karena pertimbangan pasar dan estetika telah menjadi dominan.

The development of information technology has made the society living in an advanced stage as activities and needs of human beings have concentrated on the technology and media. Information technology and media become the center of orientation of human's life. Lifestyle becomes one of spheres which is directly attached to the technology and media. In this context, technology and media are functioned as to distribute various forms of lifestyle, especially fashion. In other words, technology and media do not produce fashion products and other material things relating to lifestyle. However, technology and media produce information which is related to current lifestyle and fashion. Online magazine Dewi, the reference of this study, becomes the media to distribute various forms lifestyle development, either in national or international scale in accordance to the identity of online magazine Dewi as one of premium fashion and lifestyle in Indonesia. Media construction of lifestyle in this study will focus on three areas. First, online magazine Dewi as part of mass media has its own identity and culture as premium lifestyle magazine which influence the presentation of lifestyle and fashion by the online magazine. Consequently, uploaded contents of online magazine Dewi will be different from other fashion magazines and lifestyles. The result shows that uploaded contents in this site online magazine is not neutral at all as they are bound by existing social values and structures in the general society. References of lifestyle and fashion style which are offered by online media magazine in its site are definitely complex in line with the complexities of lifestyle or the contained meaning of the material things. This lifestyle and media study indicates that the role and influence of the media is substantial in human life. Lifestyle then constructed by Online Magazine Dewi as an element of ' difference ' between individuals with each other, given the lifestyle is a free choice for each individual. Construction of lifestyle by the media basically inseparable from symbolic manipulations in uploaded content which explains that aspects of morality no longer be a major consideration in the construction process due to dominance of market and aesthetic consideration.

Kata Kunci : Media Online, Gaya Hidup, Fashion, Makna, Estetika, Budaya Material

  1. S2-2015-373147-abstract.pdf  
  2. S2-2015-373147-bibliography.pdf  
  3. S2-2015-373147-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2015-373147-title.pdf