ANALISIS STRATEGI BISNIS INFORMASI SEBAGAI SUMBER PENDAPATAN LAIN DI PT BURSA EFEK INDONESIA
ARIS BAMBANG TRI W., Agus Setiawan, Dr., M.Soc.Sc., CMA.
2015 | Tesis | S2 ManajemenPasar modal memiliki peranan yang sangat penting dalam perekonomian Indonesia. PT Bursa Efek Indonesia merupakan institusi yang memiliki kewenangan untuk mengatur kegiatan yang berkaitan dengan pasar modal Indonesia dibawah pengawasan Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Ketentuan Otoritas Jasa Keuangan yang mewajibkan perusahaan untuk menyerahkan pungutan OJK, mengharuskan perusahaan untuk memaksimalkan sumber pendapatan-pendapatan lain. Bisnis informasi merupakan salah satu sumber pendapatan lain yang dapat dimaksimalkan oleh perusahaan namun saat ini kinerja bisnis informasi masih kurang maksimal. Kinerja bisnis informasi PT Bursa Efek Indonesia saat ini kurang maksimal meskipun kebutuhan bisnis Pelanggan Data dan minat berlangganan data semakin meningkat. Hal tersebut dapat dilihat dari proporsi pendapatan bisnis informasi terhadap pendapatan operasional perusahaan yang cenderung menurun dan merupakan proporsi terendah dibandingkan beberapa bursa lain di dunia. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa strategi bisnis informasi saat ini dan faktor-faktor yang mempengaruhi dan menghambat pengembangan bisnis informasi di PT Bursa Efek Indonesia. Dalam penulisan penelitian ini, dilakukan analisis terhadap lingkungan bisnis baik eksternal maupun internal (analisis Porter’s Five Forces, analisis PEST, analisis kinerja, analisis sumber daya) dan formulasi strategi perusahaan (matriks TOWS, analisis Porter’s Generic Strategies, Business Model Canvas) dengan menggunakan sumber data wawancara, kuesioner, dan studi kepustakaan. Hasil penelitian ini memperlihatkan bahwa strategi bisnis informasi yang dilakukan saat ini kurang efektif dalam meningkatkan kinerja bisnis informasi. Kinerja bisnis informasi yang kurang maksimal disebabkan oleh faktor-faktor seperti produk bisnis informasi, penggunaan teknologi, biaya operasional dan investasi, regulasi dan kebijakan, sumber daya manusia, pemasaran, dan struktur organisasi. Berdasarkan hasil penelitian ini, untuk meningkatkan kinerja bisnis informasi dapat dilakukan dengan cara melakukan pengembangan teknologi sesuai kebutuhan Pelanggan Data, kerja sama dengan pihak lain, melakukan penyesuaian regulasi dan kebijakan, meningkatkan pengetahuan dan kemampuan karyawan, melakukan pemasaran dan promosi, dan meningkatkan unit bisnis informasi di dalam struktur organisasi perusahaan.
Capital market has very significant roles in Indonesian economy. Indonesia Stock Exchange Ltd is an institution having authority to regulate any activity relating to Indonesian capital market under the supervision of The Financial Services Authority (OJK). The provisions of the Financial Services Authority obliging any company to submit OJK levy, requires company to maximize other revenue sources. Information business is one of other revenue sources to be maximized by a company however; the performance of information business is not maximum enough currently. Nowadays, the performance of information business of Indonesia Stock Exchange Ltd. remains less maximum although the business needs of Data Customers and the interest of subscribing data increase. It can be seen from the revenue proportion of information business towards company’s operational income which tends to decline and it is the lowest proportion compared to some other worldwide stock exchanges. This research is for the purpose of analyzing current information business strategies and the factors affecting and inhibiting the development of information business in Indonesia Stock Exchange Ltd. In writing this research, analysis is performed towards either external or internal business environment (Porter’s Five Forces analysis, PEST analysis, performance analysis, resources analysis) and formulation of company strategies (TOWS matrix, Porter’s Generic Strategies analysis, Business Model Canvas) using data sources of interview, questionnaire, and literature study. The result of this research shows that information business strategies currently performed are less effective in enhancing information business performance. This less maximum information business performance is caused by factors such as product of information business, technology usage, operational cost and investment, regulation and policy, human resources, marketing and organizational structure. Based on this research, to improve information business performance can be done by implementing technology development in accordance with the needs of Data Customer, cooperating with other parties, performing the adjustment of regulation and policy, increasing knowledge and capability of staff, doing marketing and promotion, and enhancing information business units inside the company’s organizational structure.
Kata Kunci : pasar modal, bisnis informasi, Data Feed, analisa strategi, formulasi strategi, analisis Porter’s Five Forces, analisis PEST, analisis kinerja, analisis sumber daya, matriks TOWS, analisis Porter’s Generic Strategies, Business Model Canvas