Laporkan Masalah

PERBEDAAN TINGKAT PRESTASI AKADEMIK ANTARA MAHASISWA YANG MENGIKUTI PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN TEACHER CENTERED LEARNING (TCL) DAN STUDENT CENTERED LEARNING (SCL) DI PROGRAM STUDI ILMU KEPERAWATAN FK UGM

FATIHATUL HUSNIYAH, Intansari Nurjannah, S.Kp., MNSc., PhD; Totok Harjanto, S.Kep., Ns., M.Kes

2015 | Skripsi | S1 ILMU KEPERAWATAN

Latar Belakang: Prestasi akademik adalah capaian hasil belajar yang diinterpretasikan dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) dan masa studi. Hal ini salah satunya dipengaruhi oleh faktor instrumen pembelajaran yang terdiri dari komponen tenaga pengajar, kurikulum, sarana dan prasarana. Pendekatan pembelajaran yang diterapkan di PSIK FK UGM mengalami perubahan. Tahun 1998 diterapkan pembelajaran dengan pendekatan teacher centered learning (TCL), sedangkan tahun 2008 diubah dengan pendekatan student centered learning (SCL). Tujuan: untuk mengetahui perbedaan tingkat prestasi akademik antara mahasiswa yang mengikuti pembelajaran dengan pendekatan TCL dan SCL di PSIK FK UGM Metode: Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif analitik studi komparatif. Populasi dari penelitian ini adalah nilai IPK dan masa studi semua mahasiswa PSIK FK UGM. Subyek penelitian ini ditemtukan dengan metode total sampling sejumlah 918. Data diolah dengan uji beda Mann-Whitney. Hasil: Prestasi akademik dilihat dari nilai IPK dan masa studi mahasiswa. Perbedaan nilai signifikansi dilihat dari p-value < 0,05. Rata-rata nilai IPK pada mahasiswa yang mengikuti pembelajaran dengan TCL adalah 3,28 sedangkan pada mahasiswa yang mengikuti pembelajaran dengan pendekatan SCL adalah 3,54 dengan p-value= 0.00. Rata-rata masa studi mahasiswa yang mengikuti pembelajaran dengan pendekatan TCL adalah 4 tahun 3 bulan sedangkan pada mahasiswa yang mengikuti pembelajaran dengan pendekatan SCL adalah 4 tahun 1 bulan dengan p-value= 0,279. Kesimpulan: Ada perbedaan yang signifikan nilai IPK antara mahasiswa yang mengikuti pembelajaran dengan pendekatan TCL dan SCL. Tidak ada perbedaan yang signifikan masa studi antara mahasiswa yang mengikuti pembelajaran dengan pendekatan TCL dan SCL.

Background: Academic achievement is a learning outcome interpreted by grade point average (GPA) score and length of study. One of factors that affect academic achievement is learning instrument, which consists of teaching staff, facility and infrastructure as well as curriculum component. School of Nursing in Faculty of Medicine, Universitas Gadjah Mada (SN-FM UGM) when established in 1998 initially applied learning system with teacher-centered learning (TCL) approach. In 2008, SN-FM UGM began to apply student-centered learning (SCL) approach. Objective: To recognize the difference of academic achievement levels between undergraduate students who follow TCL and SCL approach in SN-FM UGM. Method: This study was quantitative with descriptive analytic method comparative study. Population of this research was GPA score and length of study from all undergraduate students of the SN-FM UGM. A total sampling method was performed to select 918 subjects involved in the study. The data were analyzed using Mann-Whitney test. Results: Academic achievement was assesed from GPA score and length of study. The average GPA of students who followed TCL approach was 3.28, while in SCL approach was 3.54 with p-value of 0.00. The average length of study of students who followed TCL approach was 4 years 3 months, while in SCL approach was 4 years 1 month with p-value of 0.279. Conclusions: There is a significant difference on GPA score and no significant differences on the length of study between the SN-FM UGM undergraduate students who followed TCL and SCL approaches. 1 Undergraduate student in School of Nursing, Faculty of Medicine, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, Indonesia 2 Staff in School of Nursing, Faculty of Medicine, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, Indonesia

Kata Kunci : academic achievement, teacher-centered learning, student-centered learning

  1. S1-2015-256741-abstract.pdf  
  2. S1-2015-256741-bibliography.pdf  
  3. S1-2015-256741-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2015-256741-title.pdf