ANALISIS SALURAN DISTRIBUSI DAN PENGEMBANGAN PRODUK DR SPEEDOMETER CUSTOM
FITRIO GILAR SAPUTRA, PARAMITA HER ASTUTI,SE.,M.Sc
2015 | Tugas Akhir | D3 MANAJEMEN SVDunia otomotif yang terus berkembang dengan pesat yang ditandai dengan bermunculnya jenis kendaraan baru setiap tahunnya membuat 3 (tiga) mahasiswa Sekolah Vokasi (SV) Universitas Gadjah Mada berinisiatif untuk membuat produk otomotif berupa speedometer custom dengan merek DR Speedometer Custom dan selogan Satu Brand Berjuta Desain. Produk baru ini mendapatkan modal yang diperoleh dari program yang diselenggarakan oleh Dikti (Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi), yaitu PKM (Program Kreativitas Mahasiswa) dan PMW (Program Mahasiswa Wirausaha). Awalnya produk papan speedometer custom hanya menggunakan bahan mika. Dalam bentuk produk dan desainnya sudah cukup baik, tapi tidak memiliki daya jual yang tinggi. Setelah itu, DR Speedometer Custom mulai melakukan tahap pengembangan produk dari bahan mika menjadi bahan akrilik. Untuk pengembangan produk yang dikembangkan oleh DR Speedometer Custom dengan menggunakan bahan akrilik mengalami perubahan yang signifikan dan memiliki daya jual yang tinggi. Selain dalam hal pengembangan produk, DR Speedometer Custom juga menerapkan 2 (dua) macam saluran distribusi, yang pertama adalah dari produsen ke konsumen akhir dan yang kedua adalah dari produsen ke agen/reseller kemudian dilanjutkan ke konsumen akhir. Untuk wilayah Yogyakarta DR Speedometer Custom dalam pendistribusiaannya menerapkan sistem Cash On Delivery (COD) yaitu bertemunya produsen dengan konsumen akhir tanpa perantara dan tanpa paket pengiriman produk. Namun, untuk wilayah luar pulau Jawa pendistribusian yang diterapkan oleh DR Speedometer Custom menggunakan jasa paket pengiriman seperti TiKi dan Kantor Pos.
Automotive world that continues to grow rapidly characterized by bermunculnya types of new vehicles each year to make three (3) students of the Vocational School (SV) Gadjah Mada University took the initiative to make automotive products such as speedometer custom brand DR Speedometer Custom and selogan One Brand Millions of Design. This new product menndapatkan capital obtained from a program organized by the Higher Education (Directorate General of Higher Education), the PKM (Student Creativity Program) and PMW (Student Entrepreneurial Program). Initially the board speedometer custom products using only mica material. In the form of a product and its design is quite good, but do not have high selling power. Afterwards, DR Speedometer Custom start doing product development stage of mica material into acrylic material. For the development of products developed by DR Speedometer Custom using acrylic materials undergo significant changes and have high selling power. In addition in terms of product development, DR Speedometer Custom also apply two (2) types of distribution channels, the first is from the manufacturer to the end consumer and the second is from the manufacturer to the dealer / reseller and then proceed to the final consumer. For DR Speedometer Custom Yogyakarta region in their distribution system applying Cash On Delivery (COD) is the convergence of producers with end consumers without intermediaries and without product delivery package. However, for regions outside Java distribution is applied by DR Speedometer Custom use package delivery services such as Tiki and the Post Office.
Kata Kunci : SALURAN DISTRIBUSI DAN PENGEMBANGAN PRODUK