PERSEPSI WISATAWAN TERHADAP KUALITAS OBYEK WISATA WADUK SERMO DI KABUPATEN KULONPROGO
NURLAHARI AL REZKI, Prof. Dr. M. Baiquni, M.A.
2015 | Skripsi | S1 PEMBANGUNAN WILAYAHWaduk Sermo merupakan waduk yang memiliki banyak fungsi strategis sekaligus menjadi obyek wisata.Pada tiga tahun terakhir, kunjungan wisatawan menunjukkan perkembangan yang sangat signifikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik wisatawan yang berkunjung ke obyek wisata Waduk Sermo dan menganalisis persepsi wisatawan terhadap kualitas obyek wisata Waduk Sermo. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode survei deskriptif kualitatif. Sampel dari penelitian ini adalah wisatawan Waduk Sermo dengan jumlah responden sebanyak 100 orang. Pengambilan data dilakukan pada bulan Juli 2014 sampai dengan Agustus 2014. menggunakan kuesioner dengan metode accidental sampling, kemudian dianalisis dengan metode analisis deksriptif kualitatif. Uji keabsahan data dilakukan dengan metode triangulasi berupa wawancara beberapa responden dan observasi lapangan berupa dokumentasi foto. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 72% wisatawan Waduk Sermo merupakan pelajar/mahasiswa. Wisatawan sudah puas dengan atraksi obyek wisata Waduk Sermo, akan tetapi akan lebih baik jika dilakukan penambahan macam kegiatan wisata. Keberadaan sampah yang berserakan dan keruhnya air di beberapa area Waduk Sermo membuat wisatawan kurang nyaman. Aksesibilitas yang dimiliki Wadukk Sermo dinilai cukup baik oleh wisatawan, adanya kerusakan yang terdapat di beberapa ruas jalan tidak terlalu dipermasalahkan. Fasilitas yang dikeluhkan oleh wisatawan yakni gazebo, gardu pandang, dan toilet.
Waduk Sermo is a reservoir that has many strategic functions as well as a tourist object. Currently, Waduk The purposed of this research are to know charachteristic of Waduk Sermo tourist and to analyze tourist perception toward quality of Waduk Sermo tourism object . The research method that author used is qualitative descriptive survey method. The amount sample for this research is 100 tourists of Waduk Sermo. Author uses accidental sampling for data taking method, then analized with descriptive qualitative analysis. To make sure the data validation the author uses triangulation method as review to some respondent and field observation as photograph document. The results showed that tourists of Waduk Sermo are dominated by the student. Touritst are satisfied with the attractions offered by Waduk Sermo, but it would be better if the addition kinds of tourist activities. The existence of garbage strewn and murky water in some areas Waduk Sermo make tourists uncomfortable. Accessibility owned Waduk Sermo rated quite well by tourists, the damage on some roads are not a problem. Facilities that tourists complained are gazebo, a viewing post, and toilet.
Kata Kunci : Persepsi, Wisatawan, Kualitas, Obyek Wisata, Pariwisata