Laporkan Masalah

PEMANFAATAN MEDIA BARU DALAM KEGIATAN KEAGAMAAN (STUDI KASUS PADA KOMUNITAS VIRTUAL ROOM_KASIH DALAM MEDIA SOSIAL CAMFROG)

DERRY SAFRABBANI, Drs. Budhy K. Zaman, M.Si.

2015 | Skripsi | S1 ILMU KOMUNIKASI

Keunggulan media baru dalam kecepatan dan kemudahan berkomunikasi membuat media ini diandalkan oleh manusia dalam segala aspek kehidupan. Aktivitas ekonomi, pendidikan, politik, sosial hingga pertahanan negara memanfaatkan media baru dalam kegiatan keseharian. Satu aspek lain yang juga memanfaatkan media baru ialah, aspek keagamaan atau kepercayaan. Kini telah banyak pemuka agama dan organisasi keagamaan memanfaatkan media baru sebagai media untuk menyebarkan ajaran agama di dunia maya. Keadaan ini pun dimanfaatkan oleh khalayak untuk mendalami ajaran agama dengan segala fitur yang tersedia di media baru, baik situs, aplikasi, forum serta media sosial. Room_Kasih menjadi salah satu komunitas virtual berbasis keagamaan yang terbentuk di media sosial Camfrog. Terbentuknya komunitas ini diawali dengan inisiatif beberapa pengguna Camfrog yang menggunakan chatroom sebagai tempat beribadah. Kemudian lambat laun peserta ibadah semakin ramai dan akhirnya terbentuklah satu chatroom bernama Room_Kasih di media sosial Camfrog. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana pemanfaatan media baru oleh komunitas virtual Room_kasih di media sosial Camfrog. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Room_Kasih sebagai sebuah komunitas berbasis agama Kristen memanfaatkan media baru dalam tiga format aktivitas keagamaan, yakni ibadah dan pemujaan, rekrutmen dan misionaris serta pembentukan komunitas. Kemudian tiga format ini memanfaatkan tiga tipe media baru yang digunakan secara bersamaan atau dikombinasikan, yaitu media komunikasi interpersonal, media partisipatif kolektif serta subtitusi penyiaran. Pada akhirnya dapat dilihat bahwa media baru dapat mendukung setiap aktivitas keagamaan yang dilakukan oleh Room_Kasih, khususnya dalam enam aktivitas utama mereka, yaitu Saat Teduh, Doa Rutin, Karaoke Rohani, Kesaksian, Persekutuan Doa, dan Permento (Pertanyaan Menjadi Topik).

New media excels in speed while easing communication at the same time, which features made it heavily relied by human in all life aspects. Economic, education, politic, social activities and even up to the nations defense system, all religiously utilizing new media throughout the days. Among all, religion or belief aspects has also arrived in this utilization. Nowadays, we see many religious leaders and organization successfully utilizing new media to preach its teachings. Society also responded upon this progress by using it to further educate themselves in religion, with all features provided in the new media, such as websites, applications, online forum and social media. Room_Kasih was a virtual religious community formed in Camfrog social media. This community was established by the initiatives of several Camfrog users that were accustomed in using chatroom as a place to pray. By time, the participants grew larger in number and finally formed the Room_Kasih chatroom in Camfrog. This research was conducted to understand the utilization of new media by the Room_Kasih virtual community in Camfrog social media. The result showed that Room_Kasih, as a Christian-based virtual community, utilize new media in three forms of religious activities, which were: worships, recruitment and missionary, and community establishment. These three activities then utilized three new media collectively, which are interpersonal communication media, collective participative media and broadcast substitution. Finally, it is concluded that new media was capable to support each religious activity conducted by Room_Kasih, especially at their main six activities: Saat Teduh, Doa Rutin, Karaoke Rohani, Kesaksian, Persekutuan Doa, and Permento (Pertanyaan Menjadi Topik).

Kata Kunci : Media Baru, Komunitas Virtual, Kegiatan Keagamaan / New Media, Virtual Community, Religious Activities.

  1. S1-2015-285553-abstract.pdf  
  2. S1-2015-285553-bibliography.pdf  
  3. S1-2015-285553-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2015-285553-title.pdf