PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI EFEKTIF DI FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA : PARTICIPATORY ACTION RESEARCH
DIANI PUSPA WIJAYA, dr. Mora Claramita MHPE, PhD; Dra. Yayi Suryo Prabandari M.Si. Ph.D
2015 | Tesis | S2 Ilmu Pendidikan KedokteranLatarbelakang Komunikasi efektif merupakan keterampilan yang penting dikuasai oleh dokter. Dibutuhkan disain pembelajaran yang baik, yang dapat mengintegrasikan ketiga aspek keterampilan dalam keterampilan komunikasi dokter pasien, aspek process skill, content skill dan perceptual skill. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan pembelajaran keterampilan komunikasi efektif di FK UII yang mengintegrasikan ketiga aspek keterampilan komunikasi dengan pendekatan participatory action research (PAR). Metode PAR dengan pendekatan kualitatif melibatkan mahasiswa beserta instruktur keterampilan medik FK UII yang ditunjuk sebagai tim pengembang disain pembelajaran keterampilan komunikasi efektif dalam tiga siklus PAR. Hasil FGD direkam dan dibuat transkrip. Teknik analisis konten dilakukan dengan dikaitkan dengan fokus dan masalah penelitian. Hasil Disain pembelajaran keterampilan komunikasi efektif FK UII yang mengintegrasikan process skill, content skill dan perceptual skill telah berhasil dikembangkan dengan pendekatan PAR di FK UII. Tiga siklus PAR dilakukan dalam penelitian ini, eksplorasi disain pembelajaran keterampilan komunikasi efektif di FK UII, peningkatan kapabilitas tim pengembang disain pembelajan keterampilan komunikasi efektif di FK UII dan pengembangan disain pembelajaran keterampilan komunikasi efektif di FK UII. Integrasi ketiga aspek pembelajaran keterampilan komunikasi dirancang secara bertahap dan longitudinal serta telah mendekati disain ideal pembelajaran keterampilan komunikasi efektif dokter pasien. Kesimpulan Penelitian dengan pendekatan PAR dapat digunakan untuk pengembangan pembelajaran keterampilan komunikasi efektif yang mengintegrasikan ketiga aspek keterampilan komunikasi dokter pasien. Keberlanjutan siklus PAR pada penelitian diharapkan dapat mengembangkan terus pembelajaran keterampilan komunikasi.
Objectives This research is aimed at developing the doctor-patient communication skill learning design in Faculty of Medicine Islamic University of Indonesia (FM IUI) which integrates the three aspects by using participatory action research (PAR). Method Focus group discussion (FGD) was conducted in this PAR with qualitative approach which involved students and communication skill trainers as part of faculty members. The content analysis approach was done by relating the data to the focus and problem of this research. Results Doctor-patient communication skill learning design in FM IUI which integrates content, process dan perceptual skill has been successfully developed by using PAR approach. The PAR cycles conducted are: exploration of communication skill learning design in FM IUI, awareness of the needs of communication skill learning design training, and development of communication skill learning design in FM IUI. The integration of those three aspects is planned gradually and longitudinally. Besides, it has also been almost similar with the ideal doctor-patient communication skill learning design. Conclusions PAR approach can be used to develop of communication skill learning design which integrates three aspects of doctor-patient communication.
Kata Kunci : keterampilan komunikasi efektif, PAR, disain pembelajaran