Laporkan Masalah

ANALISIS KUALITAS SAIDI DAN SAIFI DI PT. PLN (PERSERO) AREA SURAKARTA -KARTASURA 2014

INDRADI PRATAMA, Nurul Indarti, Sivilokonom, Cand.Merc., Ph.D.

2015 | Tesis | S2 Manajemen

Dalam Surat Edaran Direksi PT. PLN (Persero) No.002/E/DIR/2013, tingkat kehandalan distribusi tenaga listrik, diukur dengan SAIDI (System Average Interruption Duration Index), yaitu rata-rata lama padam per pelanggan per tahun ( menit/pelanggan/tahun) dan SAIFI (System Average Interruption Frequency Index) yaitu rata-rata jumlah gangguan per pelanggan per tahun ( kali/pelanggan/tahun). PT. PLN (Persero) Rayon Kartasura pada tahun 2014 terdapat 2 (dua) indikator kinerja yang tidak tercapai yaitu SAIDI dan SAIFI. Adanya indikator kinerja yang tidak tercapai pada tahun 2014 menyebabkan nilai KPI (Key Performance Indicator) PLN Rayon Kartasura tidak mencapai nilai yang sempurna (100). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas SAIDI dan SAIFI di tahun 2014, faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas SAIDI dan SAIFI serta rekomendasi untuk memperbaiki kualitas SAIDI dan SAIFI di PT. PLN (Persero) Rayon Kartasura. Penelitian dilakukan pada bulan Februari - April 2015. Diagram tulang ikan digunakan untuk menganalisis faktor - faktor yang menyebabkan kualitas SAIDI dan SAIFI tidak tercapai. Hasil evaluasi pada obyek penelitian menunjukkan bahwa pada tahun 2014, kualitas SAIDI dan SAIFI di PLN Kartasura tidak memenuhi target yang telah ditetapkan. Dimana, Nilai SAIFI tahun 2014 sebesar 12,19 kali pemadaman/pelanggan. Angka kinerja ini tidak tercapai, dimana target SAIFI pada tahun 2014 sebesar 11,67 kali pemadaman/pelanggan. Untuk nilai SAIDI pada tahun 2014 sebesar 992,94 menit / pelanggan, dimana target untuk SAIDI di tahun 2014 sebesar 517,77 menit / pelanggan. Sedangkan faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas SAIDI dan SAIFI antara lain : faktor lingkungan, faktor tenaga kerja (man power), konstruksi jaringan, faktor material dan peralatan, dan faktor pengukuran terhadap kemampuan peralatan. Rekomendasi penulis untuk memperbaiki kualitas SAIDI dan SAIFI adalah :1). meningkatkan dan mengoptimalkan kegiatan inspeksi jaringan, 2). pemangkasan pohon yang jaraknya sudah mendekati jaringan tenaga listrik, 3). penggunaan alat thermo vision, 4) pembenahan konstruksi SUTM (saluran udara tegangan menengah), 5) pemasangan penangkal petir / arrester , 6) mempercepat recovery time. Kata kunci: SAIDI, SAIFI, diagram tulang ikan, kualitas

In Circular Letter Board of Directors of PT. PLN (Persero) No.002 / E / DIR / 2013, the level of reliability of power distribution, measured by SAIDI (System Average Interruption Duration Index), which is the average length of outages per customer per year (minutes / customer / year) and SAIFI (System Average Interruption Frequency Index) is the average number of interruptions per customer per year (times / customer / year). PT. PLN (Persero) Rayon Kartasura in 2014 there were two performance indicators are not achieved, namely SAIDI and SAIFI. Their performance indicators are not achieved by 2014 cause the value of KPI (Key Performance Indicator) PLN Rayon Kartasura not achieve a perfect score (100). This study aims to determine the quality of the SAIDI and SAIFI in 2014, the factors that affect the quality of the SAIDI and SAIFI and recommendations for improving the quality of SAIDI and SAIFI in PT. PLN (Persero) Rayon Kartasura. The study was conducted in February-April 2015. The fishbone diagram is used to analyze the factors that lead the quality of SAIDI and SAIFI not achieved. Results of the evaluation of the object of research shows that in year 2014, the quality of SAIDI and SAIFI in PLN Kartasura not meet the set target. Where, SAIFI value of 12.19 times 2014 blackouts / customer. These performance figures are not achieved, where the target SAIFI in 2014 amounted to 11.67 times the outage / customer. For SAIDI value in 2014 amounted to 992.94 minutes / customer, where the target for SAIDI in 2014 amounted to 517.77 minutes / customer. While the factors that affect the quality of the SAIDI and SAIFI among others: environmental factors, factors of labor (man power), network construction, materials and equipment factors, and factors measuring the ability of the equipment. Recommendations authors to improve the quality of the SAIDI and SAIFI are: 1). improve and optimize the network inspection activities, 2). tree pruning is approaching distance electricity power lines, 3). the use of thermo vision, 4) improvement of construction for medium voltage overhead line, 5) lightning rod installation / arrester, 6) speed up recovery time.

Kata Kunci : SAIDI, SAIFI, fishbone diagrams, quality

  1. S2-2015-325659-tableofcontent.pdf