ANALYSIS OF VISITORS SATISFACTION TOWARDS TOURISM PRODUCT IN PARANGTRITIS BEACH TOURIST AREA
TYAS AYU UPAKARTI N, Popi Irawan, S.S.,M.Sc
2015 | Skripsi | S1 PARIWISATAKawasan wisata Pantai Parangtritis memiliki daya tarik dengan pantai yang landai dan hamparan pasir hitam luas yang berbatasan dengan bukit berbatu serta memiliki pemandangan sunset yang menawan. Pantai Parangtritis merupakan pantai terpopuler di Kabupaten Bantul, pantai ini memiliki tingkat kunjungan tertinggi dan memberikan sumber pendapatan terbesar bagi Kabupaten Bantul. Keberhasilan pembangunan pariwisata di Pantai Parangtritis salah satunya dapat dilihat dari tingkat kepuasan pengunjung. Analisis tingkat kepuasan pengunjung Pantai Parangtritis diukur berdasarkan produk wisata yang tersedia yaitu atraksi wisata, fasilitas, aksesbilitas dan pelayanan. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuisoner yang dibagikan kepada 100 responden dan wawancara dengan pemerintah setempat dan wisatawan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) pengunjung Pantai Parangtritis sudah puas terhadap atraksi wisata dan fasilitas yang tersedia dengan skor tertinggi sebesar 404 poin, 2) pengunjung juga sudah puas terhadap aksesbilitas yang tersedia dengan skor tertinggi sebesar 401 poin, 3) pengunjung sudah puas terhadap pelayanan yang tersedia dengan skor tertinggi sebesar 385 poin. Kesimpulan pada penelitian ini adalah pengunjung sudah puas terhadap produk wisata di Pantai Parangtritis.
Parangtritis Beach is one of tourist destinations in Yogyakarta which has a sloping beach and the vast expanse of black sand bordering the rocky hill and a charming sunset view. Parangtritis is the most popular beach in Bantul district. This beach has the highest traffic levels and provides the largest source of income for Bantul. One of the aspects of the success of tourism development in Parangtritis can be seen from the level of visitor satisfaction. Analysis of the level of visitor satisfaction is measured based on Parangtritis tourism products available which are tourist attractions, facilities, accessibility and service. Data collected for this study is from a questionnaire which was distributed to 100 respondents and interviews with local authorities and tourists. The results of the study show that: 1) Visitors of Parangtritis are already satisfied with the attractions and facilities available with the highest score of 404 points, 2) Visitors are also satisfied with the accessibility provided with a highest score of 401 points, 3) The visitors are content with the services provided with the highest score of 385 points. The conclusion of this research is that visitors are satisfied with the tourism products in Parangtritis Beach.
Kata Kunci : Pantai Parangtritis, Produk wisata, Kepuasan pengunjung