Laporkan Masalah

Perbedaan Pengaruh Foto Profesional dan Foto Turis Terhadap Minat Berwisata Pengguna Media Sosial

FUADI AFIF, Dr. Tri Kuntoro Priyambodo, M.Sc ; Dr. Yulia A. Widyaningsih, MBA

2015 | Tesis | S2 Kajian Pariwisata

Penelitian ini menguji signifikansi dan perbedaan respon minat berwisata pengguna media sosial terhadap foto turis dan foto professional. Respon pengguna media sosial yang diukur melalui hierarki proses AIDA; attention (perhatian), interest (ketertarikan), desire (hasrat), dan action (tindakan) dengan perlakukan komponen teknis foto (warna, angle, komposisi, dan pencahayaan) serta komponen eWOM (pengunggah, caption,komentar, dan rating (like). Partisipan penelitan berasal dari generasi anak muda dengan latar belakang pendidikan D3 Sekolah Vokasi Program Studi Pariwisata Universitas Gadjah Mada. Desain penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan menggunakan kuesioner sebagai alat ukur. Analisis yang digunakan adalah uji independent sample t-test untuk mengecek homogenitas partisipan dan uji paired samples t-test untuk mencari perbedaan respon foto profesional dan foto turis. Hasil penelitian menunjukan bahwa hanya komponen teknis warna yang menunjukan perbedaan respon diantara kedua jenis foto pada semua tahapan AIDA sedangkan . Selain itu, foto professional direspon yang lebih baik oleh pengguna media sosial daripada foto turis.

This study examines the significance and interest of the different responses to the social media user traveled tourist photographs and photo professionals. Social media user response is measured through hierarchy process mode; Attention, Interest, Desire, and Action. Youth generation from Diploma Program in Tourism, Universitas Gadjah Mada participated in this research. Experiment method used as research design with questionnaires as a measuring tool. This research used paired t-test for analysis to finding the response differences of professional and tourists photograph in the photography component (color, composition, angle, lighting) and eWOM components (uploader, like, caption, comments) through AIDA's hierarchy process model. The results finds that only color in photography technique had difference responses through all of hierarchy process phases. This study also finds that professional photograph outperformed tourist photograph in social media users responses.

Kata Kunci : Foto Profesional, Foto Turis, AIDA, eWOM, Media Sosial

  1. S2-2015-354858-abstract.pdf  
  2. S2-2015-354858-bibliography.pdf  
  3. S2-2015-354858-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2015-354858-title.pdf