HUBUNGAN ANTARA MUTU MAKANAN KANTIN SEKOLAH DENGAN TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN PADA ANAK SEKOLAH
SEKARRINI WIDYASTUTI, Tjaronosari, SKM., M.Kes.; Ika Ratna Palupi, S.Gz., M.Sc.
2015 | Skripsi | GIZI KESEHATANLatar Belakang : Sekolah merupakan tempat menuntut ilmu dimana anak menghabiskan sebagian besar waktunya. Kantin sekolah memberikan alternatif konsumsi makanan luar rumah bagi anak sekolah. Mutu makanan yang disajikan di kantin seperti atribut sensorik dan keamanan pangan merupakan aspek penting dalam penyelenggaraan makanan. Mutu makanan yang semakin baik akan meningkatkan daya terima dan kepuasan konsumen yang diwujudkan dalam tindakan membeli ulang. Namun belum ada studi lebih lanjut tentang mutu makanan kantin dengan kepuasan konsumen pada anak sekolah. Tujuan : Mengetahui hubungan antara mutu makanan dengan kepuasan konsumen pada anak sekolah. Metode : Jenis penelitian ini adalah observasional dengan rancangan analitik korelasi cross - sectional. Subyek penelitian adalah siswa SMPN 1 Bantul sebanyak 65 orang yang diambil secara purposif. Variabel penelitian berupa mutu makanan berdasarkan aspek sensorik dan keamanan pangan serta kepuasan konsumen. Penilaian sensorik menggunakan instrumen kuesioner tervalidasi, keamanan pangan menggunakan form identifikasi Skor Keamanan Pangan (SKP) sedangkan kepuasan konsumen dinilai dengan form food record. Analisis statistik yang digunakan adalah korelasi Rank - Spearman. Hasil : Keamanan pangan berhubungan secara lemah dengan mutu makanan (r = 0,365, p<0,05). Mutu makanan berhubungan dengan kepuasan konsumen (r = 0,224, p<0,05). Komponen mutu makanan yang berhubungan dengan kepuasan konsumen (p<0,05) adalah tekstur makanan, kebersihan makanan, cara penyajian makanan, bentuk makanan, kebersihan alat makan, warna makanan, dan rasa makanan. Kesimpulan : Mutu makanan terbukti memiliki hubungan dengan kepuasan konsumen.
Background : School is a place for studying where students spend most of their time. School canteen give alternative source children related to outside food. Aspects of food quality in canteen as sensory attributes and food safety is important aspects in food service. Better food quality will increase consumer acceptance and satisfaction in the form of repurchase of food. However, there is no further research about canten food quality with consumer satisfaction on students. Objective : Determine the correlations of food quality and consumer satisfaction on students. Study Design : This was an observational study with analitical correlation cross sectional. The subjects of the research was students of SMPN 1 Bantul. The number of subjects research was 65 samples taken by purposive sampling. Variable of research was food quality based on sensory attributes and food safety and consumer satisfaction. Sensory evaluation used validated questionnare, food safety evaluation used identification form Skor Keamanan Pangan (SKP) meanwhile consumer satisfaction was determined by food record form. The correlation was analyzed using Rank - Spearman test. Result : Food safety correlates with food quality (r = 0,365, p<0,05). Food quality correlates with consumer satisfation (r = 0,224, p<0,05). Component of food quality correlating with consumer satisfaction (p<0,05) are texture of food, food hygiene, food presentation, food shape, cutlery hygiene, food color, and food taste. Conclusion : Food quality is proven having correlation with consumer satisfaction.
Kata Kunci : mutu makanan, kantin sekolah, keamanan pangan, kepuasan konsumen