Laporkan Masalah

Perlindungan Hukum terhadap Konsumen Parsel Hari Raya Galungan dan Kuningan yang Kedaluwarsa di Denpasar

GUSTI AYU INDIRA CHANDRA MAHAYANI, Dina W. Kariodimedjo, S.H.,LL.M.

2015 | Skripsi | S1 ILMU HUKUM

Penulisan Hukum ini membahas mengenai peranan Yayasan Lembaga Perlindungan Konsumen (YLPK) Bali dalam menanggulangi kasus terkait peredaran parsel Galungan dan Kuningan berisi makanan kedaluwarsa di Denpasar dan pelaksanaan perlindungan hukum terhadap konsumen parsel tersebut sesuai dengan Undang-undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen. Penulisan Hukum ini menggunakan metode penelitian dengan menggunakan pendekatan yuridis empiris, yakni penelitian yang menitikberatkan pada penelitian lapangan untuk memperoleh data primer dan penelitian kepustakaan untuk memperoleh data sekunder. YLPK Bali merupakan sebuah lembaga nonprofit dan independen yang bergerak di bidang perlindungan konsumen. Dalam menegakkan perlindungan konsumen serta menanggulangi kasus yang berkaitan dengan penjualan produk kedaluwarsa pada parsel Galungan dan Kuningan di Denpasar, YLPK Bali menjalani peran dengan melakukan tugas menyebarkan informasi terkait dengan perlindungan konsumen, secara rutin melakukan pengawasan terhadap parsel yang diperjualbelikan pada Hari Raya Galungan dan Kuningan, bekerjasama dengan instansi terkait yang terdiri dari Satpol PP, Kepolisian Daerah (POLDA) Bali, Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) Bali, juga Dinas Kesehatan, dan menerima pengaduan serta memperjuangkan penggantikerugian oleh pelaku usaha kepada konsumen yang dirugikan.

This legal research discussed about the role of Bali's Indonesian Consumer Protection Organization (YLPK Bali) against the circulations of expired Galungan's and Kuningan's parcels in Denpasar, and the enforcement of the legal protection to the consumers according to Law No. 8 of 1999 concerning Protections of Consumer. This legal research used the juridical approach to empirical situation, in which focusing to field observations to gather primary data and library research to gather the secondary data. YLPK Bali is an independent, non-profit organization that runs on consumer protections issues. Within the enforcement practices of consumer's protections from expired parcels in Denpasar, YLPK Bali has the role to disseminate information concerning the consumer rights to protections, and also regularly conducting oversights towards the parcels trade during the Galungan's and Kuningan's Feast along with related governmental bodies, such as Civil Service Police Unit (Satpol PP), Bali's Provincial Police Department (POLDA), Bali Food and Drugs Administration Office (BBPOM), Public Health Office (DinKes) and in the other instances also receive complaints and advocating compensation for the consumers who suffered losses caused by the concerned company.

Kata Kunci : Perlindungan Hukum, Perlindungan Konsumen, Parsel Galungan dan Kuningan, Denpasar

  1. S1-2015-311972-abstract.pdf  
  2. S1-2015-311972-bibliography.pdf  
  3. S1-2015-311972-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2015-311972-title.pdf