PELAYANAN RESERVASI DAN PROMOSI PAKET WISATA OLEH PT GALA KENCANA MANDIRI TOUR YOGYAKARTA
SRI SINKRITRESNATI M, ELISA DWI ROHANI, S.E.,M.Sc
2015 | Tugas Akhir | D3 KEPARIWISATAAN SVSaat ini kegiatan pariwisata bukan lagi menjadi hal yang mahal bagi kalangan masyarakat. Semua lapisan masyarakat dapat melakukan perjalanan wisata. Untuk memudahkan kegiatan perjalanan wisatanya, Travel Agent menjadi pilihan masyarakat untuk mengatur kegiatan perjalanannya. Salah satu dari sekian banyak Travel Agent yang menyediakan kegiatan perjalanan wisata adalah PT Gala Kencana Mandiri Tour. Atas dasar tersebut, penulis ingin mengetahui cara reservasi paket wisata, upaya yang dilakukan untuk menarik minat wisatawan dan promosi yang dilakukan PT Gala Kencana Mandiri Tour. Selain itu penulis menggunakan metode data kualitatif yang didapat berdasarkan atas hasil observasi, wawancara dan studi pustaka selama melakukan penelitian di PT Gala Kencana Mandiri Tour. Produk-produk wisata yang tersedia di PT Gala Kencana Mandiri Tour antara lain paket wisata baik dalam maupun luar negeri, paket wisata minat khusus, ticketing pesawat, kereta api dan kapal laut, dan pembuatan dokumen perjalanan. Menyebar flyer, brosur, membuat penawaran via email, pengantaran tiket bebas ongkos kirim, memberi kejutan diskon, merupakan upaya yang dilakukan PT Gala Kencana Mandiri Tour untuk meningkatkan pelayanan dan promosi kepada para pelanggan.
At the moment, activity of tourism is not the expensive thing to people arena. All of people can do travelling. To make easier their travelling, Travel Agency is choices to make their travelling itinerary. One of many Travel Agency which provide activity of travelling is PT Gala Kencana Mandiri Tour. The writer want to know about the manner of tourism package reservation, the effort and promotion to make tourist interest with tourism products at PT Gala Kencana Mandiri Tour. In addition to this, the writer using method of qualitative data obtained based on the result of observation, interview and literature during doing the research at PT Gala Kencana Mandiri Tour. Tourism products at PT Gala Kencana Mandiri Tour are tourism packages to domestic area and abroad, ticketing reservation of plane, train, and ship, and document of trip. Spread the flyer, brochure, make an offer by email, free of charge when deliver the ticket, and give surprise discount are the effort which used by PT Gala Mandiri Tour to increase service and promotion to their customer.
Kata Kunci : Travel Agent, reservasi, pelayanan, promosi/Travel agency, reservation, service, promotion