Laporkan Masalah

PROMOSI PAKET WISATA DI SINDU KUSUMA EDUPARK

HILAROS MURNI FATILI, Widyarini Wirjono, S.E.,M.M

2015 | Tugas Akhir | D3 KEPARIWISATAAN SV

Salah satu aspek penting dan mendasar yang mempengaruhi tumbuh dan berkembangnya suatu usaha pariwisata adalah terletak pada kegiatan promosi yang dilakukan. Dengan kegiatan promosi diharapkan dapat meningkatkan jumlah pengunjung serta memberikan kesadaran kepada pelanggan mengenai keberadaan Sindu Kusuma Edupark (SKE), mengingat SKE merupakan pemain baru dalam industri pariwisata yang menawarkan alternatif wisata baru dengan konsep edukasi, yang dapat dinikmati pada malam hari bersama keluarga, teman dan kerabat. Tujuan penulisan Tugas Akhir ini adalah untuk mengetahui paket wisata yang ditawarkan oleh Sindu Kusuma Edupark dan juga mengetahui kegiatan promosi yang dilakukan dalam memperkenalkan produk paket wisata tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menghasilkan data deskriptif. Dalam memperoleh data digunakan metode wawancara, observasi, dokumentasi serta publikasi. Hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan bahwa ada beberapa paket wisata yang ditawarkan yaitu dalam bentuk paket bermain wahana dan paket outbound. Sedangkan upaya promosi yang dilakukan yaitu melalui advertising, sales promotion, public relation and publicity, direct marketing, interactive marketing, personal selling dan word of mouth marketing. Bauran promosi telah dilakukan oleh Sindu Kusuma Edupark dalam memperkenalkan diri sebagai objek wisata baru. Bauran promosi tergabung dari beberapa bentuk aktivitas promosi.

One important aspect that affects growth and development of a tourism business is about promotional activities applied. With promotional activities expected to increase the number of visitors and also make awareness to consumers about the existence of Sindu Kusuma Edupark (SKE). Sindu Kusuma Edupark is a new player in tourism industry which offers an alternative of a new tourism object with education concept, can be enjoyed even at night with family, friends and relatives. The purpose of this research is to know the tour package which offered by Sindu Kusuma Edupark and another aim is to know how the promotional activities done to promote this tour package. This study belongs to qualitative research providing descriptif data. The techniques of collecting data employed were interview, observation, documentation and literary study. The result of research shows there are several tour packages offered such as playing rides packages and outbound package. Promotion strategy carried out using the promotion mix of advertising, sales promotion, public relation and publicity, direct marketing, interactive marketing, personal selling and word of mouth marketing. Promotion mix has been used by Sindu Kusuma Edupark in promoting it self as a new tourist attraction in Yogyakarta. Promotion mix by Sindu Kusuma Edupark incorporated in some form in the promotional activities.

Kata Kunci : Paket Wisata, Bauran Promosi, Sindu Kusuma Edupark, Tour Package, Promotion Mix, Sindu Kusuma Edupark

  1. D3-2015-340823-abstract.pdf  
  2. D3-2015-340823-bibliography.pdf  
  3. D3-2015-340823-tableofcontent.pdf  
  4. D3-2015-340823-title.pdf