PENGARUH PEER EDUCATION TERHADAP KECEMASAN PADA REMAJA POST MENARCHE DI WILAYAH KECAMATAN KASIHAN KABUPATEN BANTUL
DWI YATI, Dr. Irwan T. Rachman, Sp.OG(K),; Ns. Wahyu Ikka S, M.Kep., Sp.Mat.
2015 | Tesis | S2 KeperawatanLatar Belakang: Menarche merupakan peristiwa penting dalam masa pubertas remaja putri. Datangnya menarche seringkali menimbulkan reaksi negatif dan kecemasan. Sebagian remaja putri mendapatkan informasi menarche dari temannya, sehingga informasi yang diperoleh belum tentu benar dan bermutu. Untuk dapat menurunkan kecemasan perlu diberikan informasi yang tepat dengan berbagai metode dan media. Tujuan Penelitian: Untuk mengetahui pengaruh peer education terhadap kecemasan pada remaja post menarche. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimental menggunakan rancangan pre test-post test control group dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Waktu pengambilan data Agustus-Oktober 2014. Sampel dibagi menjadi 2 kelompok, yaitu kelompok perlakuan berlokasi di SMP Muhammadiyah dan kelompok kontrol berlokasi di SMP Mataram Wilayah Kecamatan Kasihan, Kabupaten Bantul. Pembagian kelompok dilakukan dengan cara mengundi. Intervensi yang diberikan pada kelompok perlakuan berupa peer education dan media booklet. Total sampel dalam penelitian ini 86 remaja post menarche yang diambil secara purposive sampling sesuai dengan kriteria inklusi dan ekslusi. Alat ukur kecemasan yang digunakan adalah TMAS (Taylor Manifest Anxiety Scale). Analisi data meliputi: univariat, bivariat dan analisis kualitatif untuk memperkuat hasil analisis kuantitatif dengan wawancara mendalam pada 5 partisipan. Uji statistik menggunakan chi square. Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa prosentase responden yang mengalami kecemasan saat pre test 43 (100%) dan post test 34 (79,1%) vs 3 (7,0%) dengan p value 0,000 (p<0,05), hal ini menunjukkan terdapat penurunan kecemasan yang signifikan sebelum dan setelah diberikan peer education. Hasil analisis kualitatif terhdap perasaan responden setelah mengikuti peer education adalah remaja merasa senang, peer education mengurangi kecemasan, kebingungan dan ketakutan karena peer education menambah ilmu pengetahuan, memberikan gambaran dan motivasi terhadap masalah yang mereka hadapi dan sebagai sarana berdiskusi, berbagi cerita dan sharing pengalaman. Kesimpulan : Peer education dan media booklet dapat menurunkan kecemasan pada remaja post menarche.
Background : Menarche is an important event in puberty of teenagers. The coming of menarche often cause negative reactions and anxiety. Most teenagers get information about menarche from her friend so that the information obtained is not necessarily true and quality. In order to reduce anxiety should be given the right information with a variety of methods and media. Objective : To determine the effect of peer education on and anxiety in postmenarche adolescent. Method: A quasi experimental equivalent pre-post test ontrol group design was used in this study with quantitatif and qualitatif approaches.Time of data retrieval was August-September 2014. Subject were classified intotwo groups that were treatment group was located in SMP Muhammadiyah and control group was located in SMP Mataram Kasihan region,district Bantul. The division of the group is done by raffle.Intervention for the treatment group of peer education and booklet.The total samplein this study were 86 adolescents post menarche taken by purposive sampling in accordance with the inclusion and exclusion criteria.The anxiety instrument being used TMAS (Taylor Manifest Anxiety Scale). Analysis data: univariate,bivariate and qualitative analysis to strengthen the result of the study with indepth interview for 5 participants. Statistical test using chi square. Result: The result showed that percentage of respondents who experience anxiety when pre test 43 (100%) and post test was 34 (79,1%) vs 3 (7,0%). The result of chi square test with p value 0.000 (p<0.05) means that there was significant differences in anxiety reduction before and after a given peer education.The results of the qualitative analysis among teenagers after attending peer education told that they feeling happy, peer education reduced anxiety, confusion and fear because of peer education increased knowledge, provide an overview and motivation of the problems, means discussion, sharing stories and experiences. Conclution :Peer education and booklet could reduced anxiety in post menache of teenagers
Kata Kunci : Peer education, menarche, adolescent, anxiety