Laporkan Masalah

EVALUASI STRATEGI BERSAING PERUSAHAAN MULTIFINANCE STUDI KASUS PADA PT.MANDIRI TUNAS FINANCE

KINGKIN KARINA SUSANTI, Fahmi Radhi, Dr.M.B.A

2015 | Tesis | S2 Manajemen

PT. Mandiri Tunas Finance (MTF) merupakan salah satu perusahaan pembiayaan di Indonesia yang bergerak pada pembiayaan kendaraan bermotor. Fokus pembiayaan MTF adalah pada pembiayaan kendaraan roda empat. Pada awal beridirinya, MTF bernama PT. Tunas Financindo Corporation pada tahun 1989, kemudian berubah menjadi PT.Mandiri Tunas Finance sejak Bank Mandiri mengakuisisi saham PT.Tunas Financindo Sarana sebesar 51% pada tahun 2009. Perkembangan industri multifinance di Indonesia semakin berkembang tahun demi tahun, dibuktikan dengan meningkatnya jumlah pemain pada industri ini.Seiring dengan kondisi tersebut, kompetisi dalam bisnis ini pun semakin ketat, sehingga perusahaan dituntut untuk lebih unggul dari pesaing agar dapat meraih pasar tersebut. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi strategi bersaing PT. Mandiri Tunas Finance. Penelitian juga menjelaskan hal-hal apa saja yang dapat memengaruhi bisnis perusahaan yang meliputi analisa kondisi makro perusahaan, analisa internal dan eksternal perusahaan. Adapun, metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Evaluasi strategi bersaing perusahaan dimulai dengan melakukan analisis lingkungan eksternal dengan mengunakan model PEST (Politik, Ekonomi, Sosial dan Teknologi), kemudian dilakukan analisis lingkungan internal dan eksternal perusahaan dengan mengunakan IFE dan EFE Matriks dan model SWOT. Dari hasil analisis dan evaluasi tersebut akan diketahui kekuatan, kelemahan, peluang serta ancaman yang dimiliki oleh perusahaan sehingga akan didapatkan informasi yang bisa menjadi masukan dan pertimbangan bagi perusahaan dalam menerapkan strategi bersaing yang tepat dengan pendekatan IE Matrix dari Fred R David (2011).

PT. Mandiri Tunas Finance (MTF) is one of finance company in Indonesia which is engaged in motor vehicle financing. The focus of its business is on the financing of four-wheeled vehicles. At its inception, MTF named PT. Tunas Finance Corporation in 1989, then turned into PT.Mandiri Tunas Finance since Bank Mandiri acquired PT.Tunas Financindo Sarana shares amounting to 51% in 2009. The development of the finance industry in Indonesia is growing year after year, evidenced by the increasing number of players in this industry. According with these conditions, competition in this business even more stringent, so the company is required to be superior to competitors in order to reach the market. Therefore, this study aimed to evaluate the competitive strategy of PT. Mandiri Tunas Finance. The research also explains what things that can affect the company's business that includes an analysis of macro conditions the company and internal and external analysis of the company. Meanwhile, the method used in this research is qualitative approach. Evaluation of the company's competitive strategy begins with analyzing the external environment by using PEST models (Political, Economic, Social and Technological), then analysis of internal and external environment by using IFE and EFE matrix and SWOT models. From the analysis, strengths, weaknesses, opportunities and threats that are owned by the company will be known, so that we will get the information that can become an input and consideration for the company in implementing the right strategy to compete in market by IE Matrix approach of Fred R David (2011).

Kata Kunci : Strategi Bersaing, Analisis PEST, IE Matrix, SWOT Analysis

  1. S2-2015-341870-abstract.pdf  
  2. S2-2015-341870-bibliography.pdf  
  3. S2-2015-341870-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2015-341870-title.pdf