PERANCANGAN MODEL USER EXPERIENCE UNTUK WEBSITE PARIWISATA BERDASAR PADA PRINSIP USABILITY (STUDI KASUS: PARIWISATA DI ASIA TENGGARA)
LILIS DWI FARIDA, Dr. Ridi Ferdiana, S.T., MT.; Bimo Sunarfri Hantono, S.T., M.Eng.
2015 | Tesis | S2 Teknik ElektroPerjalanan wisata menjadi populer akhir-akhir ini. Keberadaan website pariwisata merupakan salah satu sarana untuk mendukung kegiatan pariwisata dan mempromosikan pariwisata pada suatu tempat atau negara. Indonesia dengan luas dan jenis budaya yang sangat beragam, keindahan alam, dan keaneragaman budaya menjadikan Indonesia menarik sebagai tujuan wisata bagi wisatawan dari dalam maupun luar negeri. Namun, pada kenyataanya masih banyak tujuan pariwisata di Indonesia yang masih belum diketahui secara umum dan kalah jika dibandingkan denga tujuan wisata di luar negeri. Keberadaan media informasi dan promosi untuk pariwisata di Indonesia masih belum berperan secara optimal. Penelitian ini menganalisis perkembangan sistem informasi web pariwisata Indonesia dan membandingkan dengan sistem informasi web negara lain di kawasan Asia Tenggara. Mengukur tingkat usability, kemudian melakukan perancangan model user experience berdasarkan pada prinsip usability. Penelitian ini menggunakan metode evaluasi heuristik, focus group discussion, dan pengukuran sintetis untuk mendapatkan nilai usability website pariwisata Indonesia, yang dibandingkan dengan website pariwisata Malaysia, Singapura, dan Thailand. Uji usability dilakukan untuk mendapatkan variabel-variabel yang akan digunakan dalam perancangan model.
Lately, travelling is more popular. Tourism website presence is one of the means to support tourism activities and promote tourism in a place or country. Indonesia with an extensive and very diverse types of culture, beautifully nature, cultural diversity make Indonesia attractive as a tourist destination for local and foreign tourists. But in fact, there are many tourism destinations in Indonesia are still not known and less when compared premises tourist destination abroad. The existence of media for information and promotion of tourism in Indonesia is not optimal. This research analyzes the development of Indoesian tourism web information systems and compare with tourism web information systems from other countries in Southeast Asia. Measuring the level of usability, then to design a model of user experience based on the principles of usability. This research uses heuristic evaluation, focus group discussions, and synthetic measurements to obtain the value of Indonesian tourism website usability, which is compared to the tourism website of Malaysia, Singapore, and Thailand. Usability test conducted to obtain the variables that will be used in the design of the model.
Kata Kunci : website, pariwisata, user experience, usability