Laporkan Masalah

KARAKTERISTIK DAN MOTIVASI PENGGEMAR BOYBAND EXO DI YOGYAKARTA YANG MELAKUKAN PERJALANAN WISATA KE KOREA SELATAN (Studi Kasus: Komunitas EXO L Jogja)

LINI WIDYA CHAIRUNIS, Prof. Dr. Marsono, S.U. ; Dr. Wiwik Sushartami, M.A.

2015 | Skripsi | S1 PARIWISATA

Pariwisata Indonesia yang semakin berkembang dalam beberapa tahun belakangan ini membuat perjalanan wisata semakin banyak dilakukan oleh seseorang maupun sekelompok orang. Tidak hanya di dalam negeri, warga Indonesia juga banyak yang melakukan perjalanan ke luar negeri. Jepang dan Korea Selatan merupakan negara yang banyak diminati oleh wisatawan selain negara-negara yang ada di benua Eropa. Korea Selatan semakin banyak diminati karena budaya popular Korea Selatan berupa K Pop yang semakin berkembang di dunia, khususnya di Indonesia. Berkembangnya budaya populer tersebut yang menjadi alasan pemilihan penggemar boyband EXO di Yogyakarta sebagai responden dalam penelitian ini. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah studi pustaka, observasi, dan wawancara sedangkan metode analisis data yang digunakan adalah diskriptif kualitatif. Mengetahui karakteristik dan motivasi responden saat melakukan perjalanan wisata ke Korea Selatan adalah tujuan dalam penelitian ini. Hasil penelitian adalah seluruh responden memiliki kepribadian midsentrik. Gaya hidup yang dipengaruhi dari luar dan kombinasi pengaruh luar dalam adalah gaya hidup yang dimiliki sebagian besar responden. Mereka berada di kelompok usia remaja dan anak muda dengan latar belakang pendidikan, penghasilan dan siklus keluarga yang hampir sama. Sebagian besar responden merupakan warga asli Daerah Istimewa Yogyakarta yang menginginkan manfaat perjalanan berupa pelayanan yang baik dan aktif mencari tau berbagai informasi wisata jadi dapat merencanakan perjalanan dengan matang. Sedangkan motivasi fantasi adalah motivasi yang dimiliki oleh seluruh responden saat melakukan perjalanan wisata ke Korea Selatan.

The rapid development of Indonesia tourism in several years increases the tour travel in which mostly done by the single traveler or a group of travelers. Indonesian is not only travel around his own country, but they also travel aboard. Japan and South Korea are some of the demanded countries besides the European countries travelers visit. South Korea is highly wanted because of its popular culture of K-Pop which recently prospers in the world especially in Indonesia. The thriving of its popular culture is the reason to select the EXO, a boyband, fans in Yogyakarta as respondents for this research. The collecting data methods are literature review, observation, and interview while the analysis data method is descriptive qualitative. The aim of this research is to acknowledge the characteristics and the motives of the respondents in traveling to the South Korea. The finding of this research is that all of the respondents have a midsentric characteristic. The outer directed lifestyle and the outer-inner directed combination lifestyle are the most lifestyle that respondents have. They belong to the adolescence and young-adult in the similar background of education, income, and family life cycle. Most of the respondents are the native citizens of Daerah Istimewa Yogyakarta who are desired the benefits including good services and looking for some tourism information in addition to plan the tour to be well-planed. Moreover, the fantasy motivation is the motive that all of the respondents have while traveling to South Korea.

Kata Kunci : wisata, karakteristik, motivasi, budaya populer, Korea Selatan, K-Pop

  1. S1-2015-318489-abstract.pdf  
  2. S1-2015-318489-bibliography.pdf  
  3. S1-2015-318489-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2015-318489-title.pdf