Laporkan Masalah

Analisis Perbandingan Harga Pada Toko Online dan Konvensional: Kasus Pada Harga Laptop di Indonesia

VINO ZALVIANO, Didi Achjari, Dr., M.Com.

2015 | Skripsi | S1 AKUNTANSI

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan harga jual dan variasi harga (price dispersion) antara toko online dan konvensional. Penjualan secara online memiliki beberapa keunggulan dibandingkan secara konvensional. Penelitian ini dimaksudkan untuk menguji tingkat efisiensi internet sebagai jalur pemasaran dibandingkan pemasaran konvensional. Dalam penelitian ini ada 2 dimensi untuk mengukur efisiensi internet sebagai jalur pemasaran, yaitu tingkat harga, dan tingkat variasi harga (price dispersion). Toko online akan dikatakan lebih efisien jika mampu memberikan tingkat harga dan tingkat variasi harga (price dispersion) yang lebih rendah jika dibandingkan toko konvensional. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu toko laptop online dan konvensional yang ada di Indonesia. Sampel yang diambil yaitu 10 toko online dan 10 toko konvensional. Kata kunci: harga, e-commerce, variasi harga

This study compare the price and the price dispersion between online and conventional stores. Online sales has several advantages over conventional. this study test the efficiency of the Internet as a marketing channel compared to conventional. There are two dimensions to measure the efficiency of the Internet as a marketing channel, the price level and the level of price dispersion. The online store will be more efficient if it is able to provide the lower level of price and the lower level of price dispersion than conventional stores. The population used in this study is online and conventional laptop store in Indonesia. Samples are 10 online stores and 10 conventional stores.

Kata Kunci : price, e-commerce, price dispersion

  1. S1-2015-280629-abstract.pdf  
  2. S1-2015-280629-bibliography.pdf  
  3. S1-2015-280629-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2015-280629-title.pdf