Laporkan Masalah

Evaluasi atas penerapan balance scorecard sebagai penilaian kinerja di PT Bank Mandiri (Persero) Tbk :: Studi kasus Cabang Jakarta Simatupang

JUSKAL, Filo Tazki, Gudono, Dr., MBA

2010 | Tesis | S2 Magister Manajemen

Balanced Scorecard merupakan sistem manajemen untuk menilai kinerja perusahaan yang seimbang antara ukuran keuangan dan non keuangan, jangka panjang dan jangka pendek, eksternal dan internal, serta faktor tujuan dan pendorong hasil guna mencapai visi perusahaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mempelajari sejauh mana penerapan balanced scorecorcl di PT Bank Mandiri (perscro) Tbk Cabang Jakarta Simatupang. Obyek penclitian adalah Bank Mandiri Kantor Cabang Jakarta Simatupang dengan menggunakan data internal Kantor Cabang Bank Mandiri (Persero) Tbk dalam bentuk Key Performance Indicators (KPl) tahunan pcriode 1006 hingga 2007. Berdasarkan hasil penelitian yang bersifat deskriptif dengan menggunakan evaluasi kesenjangan/gap data internal Key Performance Indicators (KPI) pada tahun 2006 hanya mencapai 89,32 pcrsen dan pada tahun 2007 pencapaiannya hanya 98,62 persen. kemudian disusun suatu altematif inisiatif strategi yang disarankan untuk mengatasi kendala-kendala tersebut.Berdasarkan evaluasi kesenjanganlgap penerapan balanced scorecard selama dua tahun berturut-turut, yaitu tahun 2006 dan 2007 barulah dievaluasi keseluruhan penerapannya berdasarkan empat betas faktor yang menentukan keberhasilan dalam penerapan balanced score card. Melalui penelitian ini, dapat menjadi bahan masukan untuk Manajemen Pusat melakukan umpan balik terhadap hasil penerapan balanced scorecard sehingga dapat dilakukan perbaikan-perbaikan pada setiap perspektif balanced scorecard Cabang-Cabang PT Bank Mandiri (Persero) Tbks di masa yang akan datang atau tahun berikutnya.

Balance Scorecard defined as a management system as a mean of measuring company performance which includes the financial and non financial, long and short term, external and internal , lag and lead indicators of the company to accomplish its vision. The purpose of this study was to examine the extent to which the application of balance scorecard in PT Bank Mandiri (Persero) Tbk Branch Simatupang Jakarta. The object is Bank Mandiri Jakarta Simatupang Branch by using internal data of Bank Mandiri (Persero) Tbk in the form of annual Key Performance Indicators (KPI) from 2006 unti ll 2007. Based on result by descriptive study using the evaluation gap from internal data Key Performance Indicators (KPI) in 2006 achieved only 89.32 percent and in 2007 achieved only 98,62 percent then arranged an alternative in initiative strategy to overcome obstacles. Based on evaluation gap application of balanced scorecard for two consecutive years, from the year 2006 until 2007, then the entire application is evaluated based on fourteen factors that determine success in the implementation of balanced scorecard . Through this research, can be input to the Top Management feedback on the result of the implementation of balanced scorecard so that improvements can be made on each balanced scorecard perspective PT.Bank Mandiri (Persero) Tbk branches in the future or next year.

Kata Kunci : Balance scorecard,Key performance indicators (KPI),Alternatif strategi

  1. S2-FEB-2010-FiloTazkiJuskal-Abstract.pdf  
  2. S2-FEB-2010-FiloTazkiJuskal-Bibliography.pdf  
  3. S2-FEB-2010-FiloTazkiJuskal-Tableofcontent.pdf  
  4. S2-FEB-2010-FiloTazkiJuskal-Title.pdf