Laporkan Masalah

Evaluasi strategi aliansi pada divisi bancassurance PT Asuransi Allianz Life Indoensia

PRATOMO, Yudha, Amin Wibowo, M.B.A., Ph.D

2010 | Tesis | S2 Magister Manajemen

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melakukan analisa terhadap efektifltas strategi aliansi yang saat ini masih dijalankan oleh PT Asuransi Allianz Life Indonesia dengan PT Bank Danamon Indonesia, Tbk. Kerjasama dalam hal pemasaran produk bancassurance. Evaluasi dilakukan berdasarkan karakteristik masing-masing perusahaan yang selanjutnya dapat menjelaskan posisi bersaing dan keunggulan kompetitif PT Asuransi Allianz Life Indonesia. Penelitian bersifat studi kasus yang menggunakan metode analisis secara kualitatif berdasarkan analisis eksternal dan internal. Beberapa metode yang digunakan sebagai alat analisa adalah PEST (politik, ekonomi, sosial budaya dan teknologi), Porter's Five Forces Model, analisis SWOT serta menggunakan metode analisa Resource-Based View dengan melakukan analisa terhadap sumber daya strategis yang dimiliki perusahaan, menggunakan data perolehan premi sebagai alat ukur yang kemudian dapat digunakan sebagai alat kendali terhadap keunggulan kompetitif perusahaan untuk bersaing. Dari hasil penelitian, penulis berkesimpulan bahwa strategi kerjasama aliansi yang dilakukan oleh PT Asuransi Allianz Life Indonesia kurang efektif karena strategi aliansi hanya berfokus pada penurunan tingkat biaya operasional sedangkan mengabaikan kemampuan untuk mendapatkan nasabah pemegangpolls baru dan peningkatan perolehan premi. Penggunaan sumber daya yang dimiliki belum optimal untuk meningkatkan volume penjualan produk bancassurance. Bargaining power yang kuat dan kekuatan internal yang dimiliki asuransi Allianz, didukung dengan sumber daya dan kemampuan yang ada memberikan peluang yang masih sangat besar untuk dapat dikelola dengan lebih baik lagi untuk menghasilkan volume perolehan premi yang lebih besar dan meningkatkan posisi perusahaan dalam persaingan di industri asuransi. Kata kunci : Strategi Aliansi, Asuransi, Bancassurance, PEST, SWOT, Metode Resource-Based View. Xlll

The purpose of this study was to analyze the effectiveness of an alliance strategy that is currently run by PT Asuransi Allianz Life Indonesia and PT Bank Danamon Indonesia, Tbk. Cooperation in bancassurance product marketing. The\ evaluation was done based on the characteristics of each company's next to explaining the competitive position and competitive advantages of PT Asuransi Allianz Life Indonesia. Research case study using qualitative analysis method based on the analysis of external and internal. Several methods are used as the analyzer is a PEST (political, economic, social, cultural and technological), Porter's Five Forces Model, SWOT analysis and using the method of analysis Resource-Based View with doing an analysis of strategic resources which are owned by the company, using data acquisition premium as a measurement which can then be used as a tool of control over their company a competitive edge to compete in. From the research, the authors concluded that the alliance strategy undertaken by PT Asuransi Allianz Life Indonesia is less effective because the alliance strategy focused solely on reducing operational costs while ignoring the ability to obtain new customers of policyholders and increase the acquisition premium. Use of resources is not optimal to increase the volume of sales of bancassurance products. Strong bargaining power and internal strength of insurance owned by Allianz, backed with resources and capabilities that exist to provide opportunities that are still very large to be managed bener to produce the volume of a larger acquisition premiums and increase the company's position in the competition in the insurance industry . Keywords: Strategic Alliance, Insurance, Bancassurance, PEST, SWOT, Resource-Based View Method. xiv

Kata Kunci : Strategi aliansi,Asuransi,Bancassurance,PEST,SWOT,Metode resource-based view

  1. S2-FEB-2010-Yudha_Pratomo-ABSTRACT.pdf  
  2. S2-FEB-2010-Yudha_Pratomo-BIBLIOGRAPHY.pdf  
  3. S2-FEB-2010-Yudha_Pratomo-TABLEOFCONTENT.pdf  
  4. S2-FEB-2010-Yudha_Pratomo-TITLE.pdf