Laporkan Masalah

Analisis strategi inovasi terhadap keberlanjutan perusahaan :: Studi pada IFF Indonesia

NUGROHO, Wahyu Adhi, Wakhid Slamet Ciptono, MBA., MPM., Ph.D

2010 | Tesis | S2 Magister Manajemen

Konsep strategi inovasi memiliki peran penting bagi keberlanjutan perusahaan karena melalui inovasi perusahaan dapat menerapkan ide-ide baru menjadi basil yang nyata sehingga perusahaan menjadi lebih kompetitif dari pesaingnya. Dalam strategi inovasi, manajemen strategis terkait erat dengan operasi yang produktif, realisasi strategic thinking melalui strategi inovasi yang terstruktur dan berjalan secara terusmenerus, dan penggunaan sumber daya dan pengembangan produk sebagai alat dalam meningkatkan kompetisi perusahaan. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah : 1) Mengidentifikasi tantangan dalam implementasi strategi inovasi, dan 2) Menganalisis bahwa strategi inovasi penting terhadap keberlanjutan (sustainabilrty) perusahaan. Untuk menjawab poin pertama, dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada manajemen senior IFF Indonesia dengan menggunakan alat analisis yaitu Competence Perspective dan Innovation Diagnostic dan untuk menjawab poin kedua, dilakukan dengan melakukan wawancara kepada manajemen senior IFF Indonesia. Peneliti mendapatkan hasil berupa identifikasi terhadap sejumlah area di IFF Indonesia yang dapat ditingkatkan agar pelaksanaan strategi inovasi dapat berjalan dengan lebih baik. Peneliti juga mendapatkan hasil bahwa strategi inovasi, khususnya dalam pengembangan produk baru, penting dari perusahaan, dhandai dengan kompetensi perusahaan dalam melakukan inovasi dan perhatian perusahaan dalam mengembangkan produk baru. Kata kunci : Strategi Inovasi, Pengembangan Produk Baru, Competence Perspective, Opportunity Pipeline review dan Innovation Diagnostic

The concept of innovation strategy has an important role in corporate sustainability because in order to survive, company must implement new ideas into real results so that companies become more competitive than its competitors. In the practices of innovation strategy, strategic management is linked to the operations, the realization of strategic thinking, as well as the use of resources and product development as a tool in enhancing its competitiveness. The problems studied in this research are: 1) to identify the challenges in the implementation of innovations in corporate strategy, and 2) to analyze the importance of innovation strategy towards sustainability of the company. Researcher identified challenges in implementing innovation strategy through questionnaires to senior management IFF Indonesia using the analytical tools and Innovation Diagnostic Competence Perspective. To answer that in practice, innovation strategy is an important part for sustainability, we marked company's fields of competence by interviewing senior management ofIFF Indonesia. Researcher identified number of areas in implementation of innovation strategies for the improvement in the future. Researcher also found that innovation strategy, especially in new product development is an important part of the company, marked by the company's competences in innovation and the company's attention to the development ofnew products. Keywords: Innovation Strategy, IFF Indonesia, New Product Development, Competence Perspective, Opportunity Pipeline review, and Innovation Diagnostic

Kata Kunci : Strategi inovasi,Pengembangan produk baru,Competence perspective,Opportunity pipeline,Innovation diagnostic

  1. S2-FEB-2010-WAHYU_ADI_NUGROHO-Abstract.pdf  
  2. S2-FEB-2010-WAHYU_ADI_NUGROHO-Bibliography.pdf  
  3. S2-FEB-2010-WAHYU_ADI_NUGROHO-Tableofcontent.pdf  
  4. S2-FEB-2010-WAHYU_ADI_NUGROHO-Title.pdf