Laporkan Masalah

Analisis strategi kompetitif Hino Indonesia pada pasar truk (kategori II) di Indonesia :: Studi pada PT Hino Motors Manufacturing Indonesia

BAWONO, Adhitya Unggul, Hani Handoko, Dr., MBA

2009 | Tesis | S2 Magister Manajemen

Tidak hanya pangsa mobil sedan dan city car yang memiliki prospek cerah, namun, seiring dengan membaiknya kondisi perekonomian di Indonesia yang ditandai dengan menggeliatnya sektor usaha, membuat pasar kendaraan komersial seperti jenis truk kategori II (light duty truck) ikut tumbuh. Selain memiliki peluang yang besar, pangsa pasar kendaraan komersial ini pun ikut menggeliat sejalan dengan roda bisnis yang bergerak maju. PT. Hino Motors Manufacturing Indonesia (HMMI) adalah perusahaan perakitan kendaraan bermerek "IDNO" di Indonesia yang beroperasi di Purwakarta Jawa Barat. Dengan tergabungnya Hino kedalam Toyota grup secara global melalui kepemilikan saham Hino Motors Ltd. (HML) - Japan oleh Toyota Motor Corporation (TMC) menjadikan HMMI sebagai Toyota affiliated company di Indonesia, terhadap PT. Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMlN), dimana hal ini ikut mempengaruhi strategi bisnis Hino yaitu ikut berkontribusi dalam Toyota global production of the Toyota group. Untuk menghadapi persaingan dalam industri yang digelutinya, perusahaan harus memiliki keunggulan bersaing yang kompetitif Keunggulan kompetitiftersebut bisa diperoleh melalui pengelolaan aktivitas-aktivitas yang ada di perusahaan dengan baik sesuai dengan strategi yang diterapkan dalam upaya mencapai visi, misi dan tujuan perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji lebih dalam mengenai strategi kompetitif yang diterapkan HMMI untuk bersaing di industri kendaraan komersial truk kategori II yang akan dimulai pada bulan Desember 2009 mendatang. Analisis yang dilakukan adalah dengan menganalisis lingkungan ekstema1 melalui analisis industri dan pesaingnya dimana akan dapat diidentifikasi faktor-faktor sukses k:unci dalam industri dan juga analisis internal perusahaan untuk mengidentifikasi sumberdaya dan kapabilitas yang ada terintegrasi sehingga menjadi keunggulan kompetitif bagi perusahaan. Adapun kendaraan truk kategori II ini merupakan hasil kolaborasi Toyota dan Hino melalui joint product development yang telah sukses berkolaborasi sebelumnya dan dipasarkan oleh keduajaringan pemasaran, dengan nama merek "Hino Dutro" dan "Toyota Dyna". Dalam proses ini Hino berperan sebagai leader dalam product development sedangkan Toyota berperan sebagai technical advisor bagi Hino dalam hal knowhow dan teknologi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa HMMI menggunakan best-cost provider strategy untuk bersaing dalam industri yang merupakan kornbinasi antara strategi biaya rendah dan diferensiasi. Penekanannya memang pada strategi biaya rendah, tapi pada beberapa faktor, strategi differensiasi sudah mulai diintegrasikan. Kata Kunci : Faktor sukses kunci, Keunggulan kompetitif, Strategi bersaing

Not only passenger car and city car who have bright prospect in the automobile industry, commercial vehicle such as light duty truck which has 5-l 0 ton GVW also has increasing numbers of sales by year and year alongside with better condition of economic environment and business sector in Indonesia. PT. Hino Motors Manufacturing Indonesia (HMMI) is a manufacturing company for "IllNO" brand vehicle located in Purwakarta, Jawa Barat-Indonesia. As a member of Toyota group base on Hino Motors Ltd. (HML) - Japan becomes subsidiary of Toyota Motor Corporation (TMC) - Japan (50.1% ownership), this condition makes HMMI become Toyota Indonesia affiliated company of PT. Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) and must contribute for Toyota global production of the Toyota group. In the search of favorable competitive position in the light duty truck market industry HMMI should have appropriate competitive strategy by managing activities within the company according to vision, mission and goals of the company. The purpose of the thesis is to investigate competitive strategy applied by HMMI in establishing a profitable and sustainable position against the forces that determine industry competition of new light duty truck (Hi no Dutro 4 79W model) which will be start produce on beginning of December 2009 in HMMI factory. This thesis try to analyze the external environment factors by analyzing the competition within the industry to identify key success factors and conducting company's internal analysis to find resources and capabilities integrated to become competitive advantage of the company. The truck, developed through the success full collaboration and sold by both sales networks, under the brand of "Hino Dutro" and "Toyota Dyna". In this process, Hino become leader of the product development and Toyota acted as the technical advisor for Hino and supplied Toyota's technical know-how and technologies to the week point of it. As result of the thesis shown that HMM1 using the best cost provider strategy to compete in this automobile industry. This strategy combine a strategic emphasis on low cost with a strategic emphasis on differentiation. Keywords : Key success factors, Competitive Advantage, Competitive Strategy

Kata Kunci : Faktor sukses kunci, Keunggulan kompetitif, Strategi bersaing

  1. S2-FEB-2009-Adhitya_Unggul_Bawono-ABSTRACT.pdf  
  2. S2-FEB-2009-Adhitya_Unggul_Bawono-BIBLIOGRAPHY.pdf  
  3. S2-FEB-2009-Adhitya_Unggul_Bawono-TABLEOFCONTENT.pdf  
  4. S2-FEB-2009-Adhitya_Unggul_Bawono-TITLE.pdf