Laporkan Masalah

Analisis strategi bersaing PT Yamaha Motor Kencana Indonesia

CAKRA, Kresna, Hani Handoko, Dr., MBA

2009 | Tesis | S2 Magister Manajemen

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menformulasi serta memberikan strategi bersaing yang tepat bagi perusahaan, dengan menganalisis kondisi internal perusahaan, kondisi eksternal perusahaan, mengidentifikasi dan mengevaluasi strategi perusahaan sekarang, menformulasikan strategi bersaing perusahaan yang fit dengan faktor-faktor situasional perusahaan baik internal maupun eksternal perusahaan. Studi ini merupakan penelitian deskriptif analitis dengan pengumpulan data primer berupa wawancara dengan para Manager dari Divisi Sales, Service dan Spare Part dan data sekunder yang diperoleh dari berbagai sumber yang dapat mendukung penelitian ini. Hasil analisis menunjukkan bahwa: 1. Dengan menggunakan Analisis Five Competitive Forces, diketahui bahwa Intensitas persaingan dalam industri merupakan competitive force yang xiii paling kuat karena banyaknya perusahaan dalam industri sepeda motor di Indonesia. 2. Ancaman pendatang baru merupakan competitive force yang paling lemah, karena besarnya barriers to entry bagi perusahaan baru untuk masuk ke dalam industri sepeda motor. 3. Berdasarkan analisis capability profile, ada beberapa hal yang dapat meningkatkan kemampuan bersaing perusahaan, yaitu Brand name yang kuat, kecepatan dalam merespon peluang, jaringan distribusi yang kuat, produk yang berkualitas baik, loyalitas konsumen yang kuat, program pemasaran yang efektif, promosi yang kuat. 4. Key Success Factor yang mempengaruhi industri sepeda motor saat ini adalah Key Success Factor yang berkaitan dengan distribusi, marketing dan kemampuan dan ketrampilan. 5. Berdasarkan analisis rantai nilai ada beberapa kelemahan yang dimiliki perusahaan, yaitu fungsi sistem penunjang yang belum optimal, sistem CRM, turn over karyawan yang cukup tinggi, tidak terdapat knowledge management, Jumlah jaringan distribusi yang masih kalah dibanding kompetitornya, 6. Berdasarkan matching antara Key Success Factor dan Keunggulan Kompetitif yang teridentifikasi di atas, sudah tepat jika PT YMKI menerapkan strategi Broad Differentiation.

The objective of this research is to analyze, formulate and to find appropriate competing strategy for the company, by analyzing company both internally and externally, identifying and evaluating current company strategy, and also formulating competing strategy that fit with situational condition of the company. This study is a descriptive analytic research by gathering primary data by interviewing Managers from Sales, Service and Spare Part Division and secondary data from resources that support this research. The analytic result shows that : 1. Using Five Competitive Forces Analytical tools, it is known that the intensity of rivalry among existing competitors is the strongest competitive force due to the quantity of companies within the motorcycle industry in Indonesia. xv 2. The threat of new entrant is the weakest competitive force, because of the great barriers to entry to new company to enter the motorcycle industry. 3. According to capability profile analytics, there are few things that can improve company’s competiting capability, those are strong brand name, the quickness in responding opportunity, strong distribution network, good quality product, strong customer loyalty, effective marketing and promotion activities. 4. Key Success Factor which influence the motorcycle industry nowadays are Distribution related KSF, Marketing related KSF and Skills and capability related KSF. 5. According to Value chain analysis, the company has few weaknesses, not optimal function of supporting systems, CRM system, high employee turn over, knowledge management, and the smaller quantity of distribution networks compared to the competitor. 6. By matching between Key Success Factor and competitive advantage identified, it is appropriate if PT YMKI apply Broad Differentiation Strategy

Kata Kunci : Capability profile,Five competitive forces,Key success factor,Broad differentiation

  1. S2-FEB-2009-Kresna_Cakra-ABSTRACT.pdf  
  2. S2-FEB-2009-Kresna_Cakra-BIBLIOGRAPHY.pdf  
  3. S2-FEB-2009-Kresna_Cakra-TABLEOFCONTENT.pdf  
  4. S2-FEB-2009-Kresna_Cakra-TITLE.pdf