Laporkan Masalah

Analisis strategi bersaing PT Pertamina EP dalam menghadapi era perdagangan bebas

KURNIADI, Tedi, Ainun Na'im, Dr., MBA

2008 | Tesis | S2 Magister Manajemen

Saat ini perkembangan dunia usaha semakin pesat dan meningkat serta disertai dengan tingkat persaingan yang semakin tinggi dan perubahan yang semakin cepat. Dengan demikian hanya perusahaan yang mampu untuk memenangkan persaingan yang dapat terns bertahan dan berkembang. Kemampuan untuk bertahan dan berkembang tersebut tidak akan lepas dari peran strategi bersaing serta competitive advantage yang dimiliki oleh perusahaan. PT Pertamina EP yang bergerak dibidang eksplorasi dan produksi minyak dan gas bumi harus memiliki strategi bersaing yang dapat membawa perusahaan tersebut menjadi perusahaan yang maju, unggul, mandiri dan dihormati. Dengan visi "Respectable Cost Effective & Efficient Oil & Gas Producer " diharapkan PT Pertamina EP mampu untuk melakukan kegiatan usaha eksplorasi dan produksi Minyak dan gas bumi dengan efisien, efektif dan berbasis biaya rendah dengah harapan untuk dapat tumbuh, maju, serta dapat bersaing di era perdagangan bebas.

Recently time, the development of business activity is very actractive and competing and also the changing of business is happen very fast. Only the company which has the abi lity to win the competition could have sustained and growth. The ability of sustaining and growth related closely to the role of competitive strategy was chosen, and also it depend on the competitive advantage which owned by the company. PT PERTAMINA EP which dealing with exploration and production of crude oil and gas have to own the competitive strategy which could bring the company toward a success, developed, and respected. With the stated vision "Respectable Cost Effective & Efficient Oil & Gas Producer " PT PERT AMINA EP would be able to operate the business of exploration and production effectively and efficently and concern of cost cutting with the hope to be grown up, developed, and competed in the free trade era.

Kata Kunci : Strategi bersaing,Competitive advantage

  1. S2-FEB-2008-Tedi_Kurniadi-Abstract.pdf  
  2. S2-FEB-2008-Tedi_Kurniadi-Bibliography.pdf  
  3. S2-FEB-2008-Tedi_Kurniadi-TableofContent.pdf  
  4. S2-FEB-2008-Tedi_Kurniadi-Title.pdf