Analisis strategi bersaing pada PT Kaltim Parna Industri
TANDJUNG, Elviyanti, Wakhid Slamet Ciptono, Drs., MBA., MPM
2008 | Tesis | S2 Magister ManajemenDidalam era globalisasi dan persaingan industri, masalah perusahaan semakin komplek dan meningkat sangat tajam, sebagai akibat perubahan lingkungan bisnis. Perusahaan harus dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan agar dapat bertahan ditengah kondisi ini. Oleh karena itu manajemen dituntut untuk mengelola organisasinya secara balk dan profesional didalam mengendalikan kegiatan perusahaan. PT Kaltim Pama Industri yang bergerak dalam industri amoniak harus segera mengantisipasi dan menyiapkan strategi bisnis baru untuk menjadikan bertahan dan berkembang di masa depan Penelitian ini mempunyai tujuan untuk menganalisa dan mengidentifikasi lingkungan bisnis eksternal dan internal. Lingkungan bisnis ekstemal akan dianalisa menggunakan Five Forces Model dan lingkungan bisnis internal akan di analisa dengan metoda SWOT. Untuk mempertahankan dan memenangkan persaingan, PT Kaltim Parna Industri harus dapat mengoptimalkan keunggulan bersaing yang dimiliki perusahaan Kata kunci: keunggulan bersaing, lingkungan bisnis eksternal, internal, metoda SWOT dan Five Forces Model
In globalization era and business competition, company's problem is becoming more complex and more sharply increased which was affected of the change of business environment. Company has to be able to adapt with the environment in order to survive in this condition. Therefore the management is persuit to manage their organization in good and more professional to control the company's activity. PT Kaltim Pama Industri whichs is operated in ammonia industry have to immediately anticipate and prepare new business strategic to become survive and develop in the future The research has the purpose to analyze and identify external and internal environment. External business environment will be analyze by Five Forces Model and internal business environment will be analyze by SWOT Method. To survive and win the competition, PT Kaltim Parna Industri have to optimize competitive advantage belongs the company Key words: competitive advantage, eksternal business environment, internal, SWOT Method and Five Forces Model
Kata Kunci : Keunggulan bersaing,Lingkungan bisnis eksternal,Internal,Metoda SWOT,Five forces model