Laporkan Masalah

Evaluasi strategi outsourcing pada perusahaan migas

SETYONO, Heri, Fahmi Radhi, Dr., MBA

2008 | Tesis | S2 Magister Manajemen

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi dan menganalisis dasar - dasar pemikiran perusahaan MIGAS dalam melakukan keputusan outsourcing. Analisis difokuskan terhadap alasan perusahaan melakukan outsourcing dan dampak apa yang ditimbulkan dari kegiatan outsourcing tersebut. Metode dasar yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif, dimana data primer diperoleh dari hasil penyebaran kuesioner yang dibagikan kepada manajer atau kepala divisi pada departemen akunting, operasional, dan sumber daya manusia di perusahaan MIGAS, dan data sekunder diperoleh dari buku pedoman pelaksanaan kegiatan outsourcing ExxonMobil.Untuk menjawab permasalahan penelitian, digunakan metode analisis statistik distribusi frekuensi. Sehingga diperoleh gambaran faktor-faktor apa yang menjadi pertimbangan utama perusahaan dalam memilih perusahaan outsourcing dan mengapa harus dilakukan keputusan outsorcing. Dari hasil analisis diperoleh beberapa kesimpulan : Pertama, faktor yang dianggap paling penting oleh perusahaan MIGAS dalam memilih vendor adalah faktor keahlian dan relasi bisnis. Kedua, Alasan utama perusahaan MIGAS melakukan outsourcing karena faktor untuk mendapatkan kompetensi yang lebih besar, pengurangan biaya, dan kualitas yang lebih baik. Ketiga, Manfaat yang paling besar dirasakan oleh perusahaan MIGAS pada saat melakukan outsourcing adalah terjadinya pengurangan biaya dan kamampuan perusahaan lebih besar untuk fokus terhadap bisnis utama. Keempat, Kepuasan yang paling tinggi dirasakan oleh perusahaan MIGAS atas jasa yang dioutsourcing adalah meningkatnya kemampuan strategik perusahaan. Dan jika ditinjau faktor kepuasan menggunakan jasa outsourcing dari masing-masing departemen maka departemen sumber daya manusia yang paling puas atas kinerja perusahaan outsourcer, kemudian diikuti oleh departemen akunting, dan terakhir departemen operasional.Variabel yang memberikan kontribusi terbesar terhadap kepuasan menggunakan jasa outsourcing adalah variabel kemampuan strategik, disusul variabel pengurangan biaya dan efisiensi. Ditinjau dari tiga departemen akunting, operasional, sumber daya manusia Yang menjadi pertimbangan utama Mobil Cepu Ltd pada saat menentukan vendor adalah faktor keahlian ditinjau dari pengalaman kerja perusahaan. Dengan demikian, terdapat keselarasan antara hasil penelitian ini dengan penerapan strategi yang dilakukan oleh Mobil Cepu Ltd pada saat melakukan outsourcing. Kala kunci outsourcing client selection, outsourcing provider, outsourcing advantage and disadvantage

The research is intended to evaluate and analyze the basic thoughts conducted by Oil and Gas Company in applying the Outsourcing decision. The analysis is focused more on the ground reasons why Company is committed in conducting the outsourcing and the effects suffered by such outsourcing. The basic method used in the research is the descriptive analysis, where the primary data is the obtained from the questioners given to the managers and division heads of accounting department, operational, and human resource department in Oil and Gas Company, while the secondary data is the obtained from the references books of Exxon Mobil sourcing guidance. To answer the problems found in the research, it is used the statistical frequency distribution method. Therefore it is found which descriptive factors that should be that company's main considerations m choosing the outsourcing company and why outsourcing needs to be applied. From the results of the analysis, some conditions are found: First, the factor considered as the most important factor by Oil and Gas Company in choosing the vendor is the expertise factor and business relations. Second, the main reason why Oil and Gas Company apply the outsourcing is the factor of gaining more competencies, lower cost, and better quality. Third, more benefits gained by the Oil and Gas company when applying the outsourcing is low cost and the company's ability to focus more on the main business. The fourth, the most satisfying feeling felt by the Oil and Gas Company towards the outsourcing services is the increasing ability in company's strategic competencies. If its analyzed base on satisfaction factor using outsourcing service in each department, so its concluded that most satisfying feeling felt by human resources management department toward outsourcer's performance, than its followed by accounting department, and finally operational department. Variables give the biggest contribution for using outsourcing service is strategic competencies, followed by cost reduction and efficiency. The matter that becomes Mobil Cepu Ltd main consideration when deciding the vendor is the expertise factor evaluated from the vendor's experiences. Therefore, the results of the research are in line with the application of strategy conducted by Mobil Cepu Ltd when applying the outsourcing. Keywords outsourcing client selection, outsourcing provider, outsourcing advantage and disadvantage

Kata Kunci : Outsourcing client selection,Outsourcing provider,Outsourcing advantage and disadvantage

  1. S2-FEB-2008-Hari_Setyono-Abstract.pdf  
  2. S2-FEB-2008-Hari_Setyono-Bibliography.pdf  
  3. S2-FEB-2008-Hari_Setyono-Tableofcontent.pdf  
  4. S2-FEB-2008-Hari_Setyono-Title.pdf