KETERKAITAN STIMULI VISUAL PADA RUANG TERAPI ANAK AUTIS DENGAN HASIL KEMAMPUAN TERAPI
Iffat Rifdah Rosyid, Syam Rachma Marcillia, S.T., M.Eng., Ph.D.
2025 | Tesis | S2 Teknik Arsitektur
Meningkatnya prevalensi kelahiran anak autis menuntut peneliti dan arsitek lebih memperhatikan fasilitas-fasilitas yang dapat mendukung kegiatan anak autis. Ruang terapi berperan penting dalam menyediakan lingkungan yang mendukung kegiatan terapi. Anak autis yang memiliki sifat hiposensitif dan hipersensitif menjadi poin penting dalam merancang ruang terapi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterkaitan antara stimuli visual ruang terapi anak autis dengan perkembangan kegiatan terapi, khususnya pada ruang terapi sensori integrasi dan terapi wicara. Fokus penelitian meliputi analisis karakteristik spasial ruang terapi berdasarkan kriteria desain yang sesuai untuk anak autis, serta eksplorasi persepsi dan preferensi keruangan anak autis terkait stimuli visual di SLBS Mitra Ananda dan Puspa Holistic Integrative Care berdasarkan 12 variabel keruangan. Penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara dengan eksperimen sederhana, serta kuesioner. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ruang terapi di SLBS Mitra Ananda memiliki karakteristik yang lebih sesuai untuk anak autis hiposensitif, sebaliknya ruang terapi di Puspa Holistic Integrative Care memiliki karakteristik yang lebih cocok untuk anak autis hipersensitif. Preferensi keruangan anak hipersensitif cenderung lebih memilih desain yang tertutup dan tenang, sedangkan anak hiposensitif justru tertarik pada elemen visual yang lebih merangsang. Preferensi terhadap ruang sensori integrasi didasari untuk mendukung kenyamanan fisik dan memfasilitasi kebersamaan, sedangkan preferensi terhadap ruang terapi wicara didasari untuk mendukung kemampuan pra akademik dan kenyamanan fisik. Selain itu, keakraban visual juga menjadi aspek yang dapat menciptakan kenyamanan bagi anak autis. Perkembangan terapi anak autis juga dipengaruhi oleh jenis sensitivitas, dibuktikan dengan lebih meningkatnya nilai perkembangan kemampuan anak hiposensitif di SLBS Mitra Ananda dan anak hipersensitif di Puspa Holistic Integrative Care.
The increasing prevalence of autism in children requires researchers and
architects to pay more attention to facilities that can support the activities
of children with autism. Therapy rooms play a crucial role in providing an
environment that promotes therapeutic activities. Children with autism who
exhibit hyposensitivity and hypersensitivity are key considerations in
designing therapy rooms. This study aims to investigate the relationship
between visual stimuli in therapy rooms for children with autism and the
development of therapeutic activities, particularly in sensory integration
therapy rooms and speech therapy rooms. The research focuses on analyzing the
spatial characteristics of therapy rooms based on design criteria suitable for
children with autism, as well as exploring the spatial perceptions and
preferences of children with autism regarding visual stimuli at SLBS Mitra
Ananda and Puspa Holistic Integrative Care, using 12 spatial variables. This
study employs observation methods, interviews with simple experiments, and
questionnaires. The results of this study indicate that the therapy rooms at
SLBS Mitra Ananda have characteristics that are more suitable for children with
autism who are hypersensitive, while the therapy rooms at Puspa Holistic
Integrative Care have characteristics that are more suitable for children with
autism who are hypersensitive. Hypersensitive children tend to prefer closed
and quiet designs, while hypersensitive children are more attracted to visually
stimulating elements. Preferences for sensory integration rooms are based on
supporting physical comfort and facilitating social interaction, while
preferences for speech therapy rooms are based on supporting pre-academic
skills and physical comfort. Additionally, visual familiarity is an aspect that
can create comfort for children with autism. The development of therapy for
children with autism is also influenced by the type of sensitivity, as
evidenced by the increased developmental scores of hypo-sensitive children at
SLBS Mitra Ananda and hyper-sensitive children at Puspa Holistic Integrative
Care.
Kata Kunci : anak autis, ruang terapi, stimuli visual, persepsi keruangan, perkembangan terapi