DRAG CULTURE DITINJAU DARI TEORI PERFORMATIVITAS GENDER JUDITH BUTLER
PRASETYO TEGAR FANI SAPUTRO, Dr. Septiana Dwiputri Maharani, S.S., M.Hum; Dr. Supartiningsih, S.S., M.Hum.
2025 | Skripsi | ILMU FILSAFAT
Heteronormativitas
sebagai norma dominan dalam masyarakat menempatkan hubungan heteroseksual dan
identitas gender biner sebagai standar yang dianggap alamiah dan ideal. Norma
ini membatasi individu yang tidak sesuai dengan peran gender tradisional atau
orientasi seksual heteroseksual, sehingga menciptakan tekanan dan diskriminasi.
Drag culture muncul sebagai praktik kultural yang mengekspresikan
identitas gender secara cair dan performatif, serta menjadi bentuk perlawanan
terhadap norma-norma gender yang kaku. Penelitian ini bertujuan untuk
menganalisis ambivalensi hubungan antara drag culture dan
feminisme, memahami pemikiran Judith Butler tentang sistem heteronormativitas,
serta menelaah drag culture sebagai bentuk perlawanan terhadap
heteronormativitas dalam perspektif performativitas gender.
Penelitian ini
menggunakan metode hermeneutika filosofis dengan pendekatan kualitatif. Data
diperoleh melalui studi pustaka dari buku, jurnal, dan artikel yang relevan
dengan drag culture serta teori performativitas gender Judith
Butler. Analisis dilakukan secara deskriptif, interpretatif, dan holistik untuk
memahami fenomena drag culture dalam konteks sosial, politik, dan
filosofis.
Pada penelitian ini
terbentuk dua kesimpulan utama. Pertama, hubungan antara drag culture
dan heteronormativitas bersifat ambivalen dalam perspektif performativitas
Judith Butler. Drag dapat menjadi praktik yang membongkar konstruksi gender
melalui parodi dan eksposisi terhadap sifat imitasi identitas gender, namun
tidak selalu bersifat subversif secara konsisten karena bergantung pada konteks
sosial dan penerimaan audiens. Kedua, praktik drag culture menunjukkan
respons kritis terhadap norma gender dalam masyarakat heteronormatif melalui
pengulangan subversif yang menggoyahkan klaim naturalitas gender serta
performativitas yang menampilkan gender sebagai hasil konstruksi sosial tanpa
esensi tetap, sebagaimana dikemukakan dalam teori Judith Butler.
Heteronormativity,
as the dominant social norm, positions heteroseksual relationships and binary gender
identities as natural and ideal standards. This norm restricts individuals who
do not conform to traditional gender roles or heteroseksual orientation,
resulting in social pressure and discrimination. Drag culture emerges as a
cultural practice that expresses fluid and performative gender identities,
serving as a form of resistance against rigid gender norms. This study aims to
analyze the ambivalent relationship between drag culture and feminism,
understand Judith Butler’s thoughts on the heteronormative system, and examine
drag culture as a form of resistance to heteronormativity from the perspective
of gender performativity.
This research
employs a philosophical hermeneutic method with a qualitative approach. Data
were collected through literature studies from books, journals, and articles
relevant to drag culture and Judith Butler’s theory of gender performativity.
The analysis was conducted descriptively, interpretatively, and holistically to
understand the phenomenon of drag culture within social, political, and
philosophical contexts.
This study arrives
at two main conclusions. First, the relationship between drag culture
and heteronormativity is ambivalent within the framework of Judith Butler’s
theory of performativity. Drag can serve as a practice that deconstructs gender
constructs through parody and the exposure of gender identity as imitation;
however, it is not always consistently subversive, as its impact depends
heavily on social context and audience reception. Second, drag culture
represents a critical response to gender norms in heteronormative society
through subversive repetition that destabilizes claims of gender naturalness,
as well as through performativity that reveals gender as a socially constructed
identity without fixed essence, as theorized by Judith Butler.
Kata Kunci : Heteronormativity, Drag culture, Gender performativity, Gender