PILIHAN TIPE NARATIF DAN KONSEKUENSI IDEOLOGISNYA: NOVEL SEKALI PERISTIWA DI BANTEN SELATAN KARYA PRAMOEDYA ANANTA TOER PRESPEKTIF DIALOGISME BAKHTINIAN
Esty Pratiwi Lubarman, Prof. Dr. Faruk, S.U.
2025 | Tesis | S2 Sastra
Pramoedya
Ananta Toer merupakan sastrawan paling berpengaruh dalam sejarah sastra
indonesia. Dalam perjalanan kepengarangannya, ia menggunakan karya-karyanya
sebagai alat perjuangan untuk membebaskan dari segala penindasan. Ia memiliki
kekuatan dalam setiap narasinya, beberapa penelitian yang membahas karya-karya
Pram bahwa kekuatan naratif yang digunakan oleh Pram membuktikan bahwa
karya-karyanya sebagai senjata untuk perjuangan kebenaran dan keadilan. Dalam
perkembangan kesusastraannya dan posisinya sebagai sastrawan mengantarkan Pram
pada polemik yang cukup menonjol dalam sejarah sastra dan kebudayaan Indonesia
di sekitar tahun 50-an hingga 60-an. Salah satu karya yang lahir di era
tersebut yaitu novel Sekali Peristiwa di Banten Selatan, dalam fase lahirnya
novel tersebut kedekatannya dengan Lekra semakin menunjukkan posisi
ideologisnya. Dalam berbagai pendapat novel ini mengindikasikan adanya kesamaan
aktivitas politik yang saat itu diusung oleh PKI dan LEKRA yaitu “turba” (turun ke bawah) atau bersatu
dengan rakyat di desa-desa akan tetapi kesepakatannya pada Soekarno saat itu
untuk mengusung ide gotong royong menjadi ide dominan yang muncul di dalam
novel. Dalam bentuknya, Novel memiliki bobot seperti drama yang menekankan pada
dialog dan tindakan tokoh, hal ini yang kemudian dilihat sebagai masalah yang
muncul kemudian dalam bentuknya sebagai novel. Penelitian ini menggunakan
prespektif dialogisme Bakhtin, untuk menjawab pilihan tipe naratif dan konteks
sosial historis yang mempengaruhi pilihan naratif tersebut dan konsekuensi
ideologisnya. Dalam novel Sekali Peristiwa di Banten Selatan, campuran anatara monologisme dan dialogisme nampak dalam
bentuknya melalui hubungan antara tokoh dan posisi narator. Suara dan kesadaran
Ranta yang membawa nilai persatuan menarik semua kesadaran tokoh dalam suara
yang sama. Pilihan tipe naratif tersebut memunculkan konsekuensi ideologis yang
dipengaruhi oleh konteks sosial historis Indonesia paska kemerdekaan dan posisi
Pram saat itu yang memiliki kedekatan dengan Lekra. Pilihan tipe naratif tersebut dari ideologi yang muncul kemudian
yaitu antara komunisme dan nasionalisme.
Kata Kunci: Pramoedya Ananta
Toer, Novel, Dialogisme, Bakhtin.
Pramoedya
Ananta Toer is the most influential literary figure in the history of
Indonesian literature. Throughout his writing career, he used his works as a
tool of struggle to liberate people from all forms of oppression. He possessed
a powerful force in each of his narratives, and several studies on Pramoedya's
works have shown that the narrative power he employed proves his works were a
weapon for the struggle for truth and justice. His literary development and his
position as an author led him into a prominent polemic in the history of
Indonesian literature and culture around the 1950s and 60s. One of the works
born in that era is the novel Sekali Peristiwa di Banten Selatan. The
phase in which this novel was created, his closeness to Lekra increasingly demonstrated
his ideological position. Various opinions suggest that this novel indicates a
similarity to the political activities promoted by the PKI and LEKRA at that
time, namely "turba" (turun ke bawah) or uniting with the people in
the villages. However, his alignment with Soekarno at the time to promote the idea
of Gotong Royong became the dominant idea that emerged in the novel. In its
form, the novel carries the weight of a drama, emphasizing the characters'
dialogue and actions, which is subsequently seen as a formal problem for the
novel. This research uses Bakhtin's perspective of dialogism to address the
choice of narrative type, the socio-historical context that influenced this
choice, and its ideological consequences. In the novel Sekali Peristiwa di
Banten Selatan, a mixture of monologism and dialogism is apparent in its
form through the relationship between the characters and the narrator's
position. The voice and consciousness of the character Ranta, who carries the
value of unity, pulls all the other characters' consciousness into the same
voice. This choice of narrative type gives rise to ideological consequences
influenced by the post-independence socio-historical context of Indonesia and
Pramoedya's position at the time, given his closeness to Lekra. The choice of
narrative type results in an emerging ideology that lies between communism and
nationalism.
Keywoard:
Pramoedya Ananta Toer, Novel, Dialogisme, Bakhtin.
Kata Kunci : Pramoedya Ananta Toer, Novel, Dialogisme, Bakhtin