Laporkan Masalah

Analisis Pengaruh Pemilihan Postur Duduk Pengemudi terhadap Kenyamanan Pengemudi Mobil di Indonesia

Raden Aditya Wahyu Pratama, Ir. Fitri Trapsilawati, S.T., Ph.D., IPM., ASEAN Eng.

2025 | Skripsi | TEKNIK INDUSTRI

Kenyamanan dalam mengemudi merupakan faktor penting yang berdampak langsung pada keselamatan dan performa pengemudi, terutama dalam jangka panjang. Salah satu faktor yang mempengaruhi tingkat kenyamanan dalam aktivitas mengemudi adalah pemilihan postur duduk yang dipilih pengemudi.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif melalui penyebaran kuesioner yang melibatkan 400 responden pengemudi mobil pribadi dengan rentang usia 17 hingga 60 tahun. Instrumen yang digunakan telah diuji validitas dan reliabilitasnya dengan hasil yang menunjukkan nilai Cronbach's Alpha (?) sebesar 0.97, menandakan konsistensi yang tergolong baik. Data dianalisis dengan menggunakan uji normalitas Kolmogorov-Smirnov dan Chi-Square Test of Independence untuk menguji hubungan antara pemilihan postur duduk dan kenyamanan anggota tubuh pengemudi, dengan jenis kelamin sebagai pembandingnya.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari berbagai kombinasi postur dan bagian tubuh yang diuji, pemilihan jarak kursi dengan setir kemudi dan sudut sandaran kursi berpengaruh dominan dalam kenyamanan pengemudi perempuan, yang mana jarak kursi dengan setir kemudi berdampak terhadap kenyamanan anggota tubuh bawah, seperti betis, lutut, paha, dan kaki. Sudut sandaran kursi berdampak terhadap kenyamanan anggota tubuh atas, seperti leher, punggung atas, punggung bawah, dan pundak. Sebaliknya, pemilihan postur tidak berpengaruh terhadap kenyamanan pengemudi laki-laki. Penelitian ini merekomendasikan pemilihan posisi netral bagi pengemudi dan perancangan desain kursi pengemudi yang lebih inklusif sebagai intervensi dalam menjaga kenyamanan selama mengemudi mobil.

Driver comfort is an important factor that directly impacts both safety and performance, particularly in the long term. One of the factors influencing the level of comfort during driving activities is the sitting posture chosen by the driver.

This study employs a quantitative approach by distributing questionnaires to 400 respondents, all private car drivers aged between 17 and 60 years. The research instrument was tested for validity and reliability, yielding a Cronbach's Alpha (?) value of 0.97, which indicates a high level of internal consistency. Data were analyzed using the Kolmogorov-Smirnov normality test and the Chi-Square Test of Independence to examine the relationship between driving posture and the comfort of various body parts, with gender as a comparative factor.

The results of the study show that among the various combinations of driving postures and body parts examined, the selection of seat distance from the steering wheel and the seat backrest angle has a dominant influence on the comfort of female drivers. Specifically, the seat distance from the steering wheel affects the comfort of lower body parts such as calves, knees, thighs, and feet, while the seat backrest angle impacts the comfort of upper body parts such as the neck, upper back, lower back, and shoulders. In contrast, posture selection does not have a significant effect on the comfort of male drivers. This study recommends adopting a neutral seating position for drivers and designing more inclusive driver seat layouts as interventions to maintain comfort while driving a car.

Kata Kunci : postur duduk, kenyamanan pengemudi, kursi mobil

  1. S1-2025-479060-abstract.pdf  
  2. S1-2025-479060-bibliography.pdf  
  3. S1-2025-479060-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2025-479060-title.pdf