Analisis Pengaruh Pemilihan Postur Duduk Pengemudi terhadap Kenyamanan Pengemudi Mobil di Indonesia
Raden Aditya Wahyu Pratama, Ir. Fitri Trapsilawati, S.T., Ph.D., IPM., ASEAN Eng.
2025 | Skripsi | TEKNIK INDUSTRI
Kenyamanan dalam mengemudi merupakan
faktor penting yang berdampak langsung pada keselamatan dan performa pengemudi,
terutama dalam jangka panjang. Salah satu faktor yang mempengaruhi tingkat
kenyamanan dalam aktivitas mengemudi adalah pemilihan postur duduk yang dipilih
pengemudi.
Penelitian ini menggunakan pendekatan
kuantitatif melalui penyebaran kuesioner yang melibatkan 400 responden
pengemudi mobil pribadi dengan rentang usia 17 hingga 60 tahun. Instrumen yang
digunakan telah diuji validitas dan reliabilitasnya dengan hasil yang
menunjukkan nilai Cronbach's Alpha (?) sebesar
0.97, menandakan konsistensi yang tergolong baik. Data dianalisis dengan menggunakan
uji normalitas Kolmogorov-Smirnov dan Chi-Square
Test of Independence untuk menguji hubungan antara pemilihan postur
duduk dan kenyamanan anggota tubuh pengemudi, dengan jenis kelamin sebagai
pembandingnya.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari
berbagai kombinasi postur dan bagian tubuh yang diuji, pemilihan jarak kursi
dengan setir kemudi dan sudut sandaran kursi berpengaruh dominan dalam
kenyamanan pengemudi perempuan, yang mana jarak kursi dengan setir kemudi
berdampak terhadap kenyamanan anggota tubuh bawah, seperti betis, lutut, paha,
dan kaki. Sudut sandaran kursi berdampak terhadap kenyamanan anggota tubuh atas,
seperti leher, punggung atas, punggung bawah, dan pundak. Sebaliknya, pemilihan
postur tidak berpengaruh terhadap kenyamanan pengemudi laki-laki. Penelitian
ini merekomendasikan pemilihan posisi netral bagi pengemudi dan perancangan
desain kursi pengemudi yang lebih inklusif sebagai intervensi dalam menjaga
kenyamanan selama mengemudi mobil.
Driver comfort is an important factor that
directly impacts both safety and performance, particularly in the long term.
One of the factors influencing the level of comfort during driving activities
is the sitting posture chosen by the driver.
This study employs a quantitative approach
by distributing questionnaires to 400 respondents, all private car drivers aged
between 17 and 60 years. The research instrument was tested for validity and
reliability, yielding a Cronbach's Alpha (?) value of 0.97, which indicates a
high level of internal consistency. Data were analyzed using the
Kolmogorov-Smirnov normality test and the Chi-Square Test of Independence to
examine the relationship between driving posture and the comfort of various
body parts, with gender as a comparative factor.
The results of the study show that among
the various combinations of driving postures and body parts examined, the
selection of seat distance from the steering wheel and the seat backrest angle
has a dominant influence on the comfort of female drivers. Specifically, the
seat distance from the steering wheel affects the comfort of lower body parts
such as calves, knees, thighs, and feet, while the seat backrest angle impacts
the comfort of upper body parts such as the neck, upper back, lower back, and
shoulders. In contrast, posture selection does not have a significant effect on
the comfort of male drivers. This study recommends adopting a neutral seating
position for drivers and designing more inclusive driver seat layouts as
interventions to maintain comfort while driving a car.
Kata Kunci : postur duduk, kenyamanan pengemudi, kursi mobil