ADOPSI TEORI RESOURCE-BASED VIEW SEBAGAI DETERMINASI FAKTOR KUNCI KEBERHASILAN BISNIS “SELALU TEH”
Catur Sefti Nanda, Bayu Sutikno, S.E., M.S.M., Ph.D.
2025 | Tesis | S2 Manajemen
UMKM memainkan peran penting dalam mendorong pertumbuhan ekonomi, salah satunya di sektor industri minuman teh kekinian yang mengalami perkembangan pesat. Namun, UMKM di sektor ini menghadapi persaingan ketat dengan brand besar serta keterbatasan sumber daya. Keberhasilan Selalu Teh menjadi contoh bagaimana pengelolaan sumber daya dan kemitraan strategis dapat mendukung pertumbuhan bisnis UMKM. Mengacu pada teori Resource-Based View (RBV), penelitian ini mengkaji faktor-faktor kunci yang mendukung keberlanjutan dan ekspansi Selalu Teh di tengah persaingan industri minuman kekinian. Dalam konteks UMKM, teori Resource-Based View (RBV) menekankan bahwa sumber daya berwujud (tangible resources) dan tidak berwujud (intangible resources) berperan penting dalam meningkatkan daya saing dan kinerja perusahaan. Terdapat 2 faktor tangible yaitu produk dan finansial, sedangkan terdapat 5 faktor intangible yang mempengaruhi keberhasilan bisnis yaitu aliansi, keahlian perencanaan, keahlian manajemen, strategi dan kepemimpinan.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan melakukan wawancara dengan pemilik bisnis Selalu Teh dan General Manager Selalu Teh. Terdapat 18 pertanyaan yang diajukan oleh peneliti kepada narasumber untuk memperoleh informasi terkait penerapan teori Resource Based View pada keberhasilan bisnis Selalu Teh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keberhasilan Selalu Teh tidak hanya ditentukan oleh popularitas produknya, tetapi juga oleh pengelolaan sumber daya internal, seperti kemampuan manajerial, strategi, dan finansial yang baik. Temuan ini sejalan dengan teori Resource-Based View (RBV), yang menekankan pentingnya faktor tangible dan intangible dalam mendukung keunggulan kompetitif UMKM. Berdasarkan hasil wawancara dengan narasumber, semua faktor tersebut berperan signifikan dalam mempertahankan dan mengembangkan bisnis Selalu Teh di tengah persaingan industri minuman kekinian.
Kata Kunci : Resource-Based View, Keberhasilan, Selalu Teh, UMKM.