Laporkan Masalah

PEMROGRAMAN DAN SIMULASI PENENTUAN HARGA JUAL PRODUK INDUSTRI MAKANAN RINGAN MENGUNAKAN PENDEKATAN LOGIKA KABUR DENGAN MEMPERHATIKAN PERSEPSI KONSUMEN

Irwan Ripati Arismunandar, Ir. Andi Sudiarso, S.T., M.T., M.Sc.,Ph.D., IPM. ASEAN. Eng

2009 | Skripsi | S1 TEKNIK INDUSTRI

Penetapan harga jual adalah proses penentuan apa yang akan diterima suatu perusahaan dalam penjualan produknya. Untuk menentukan harga jual bukan hal mudah dilakukan. Banyak teroi marketing telah dikembangkan, tetapi seringkali menentukan harga merupakan hasil dari pemikiran. Dalam menentukan harga jual dari produk, manager harus mempelajari semua yang berkaitan dengan kommoditas yang diiginkan di dalam pasar dan pada saat yang sama mendapatkan keuntungan dari perusahaan. Kondisi ini membuat penentuan harga menjadi sangat sulit (Soetanto, 2001). Penelitian ini bertujuan untuk pengambilan keputusan dalam menentukan harga jual dengan mengunakan bantuan program komputer untuk mempermudah proses perhitungan dan simulasi. Untuk itu maka digunakan dukungan sebuah software yaitu dengan menggunakan pendekatan logika fuzzy pada toolbox Matlab, dan GUI Matlab sehingga dapat mensimulasikan program dengan lebih cepat. Masukan – masukan yang diperlukan terdiri atas biaya bahan baku, biaya tenaga kerja, biaya distribusi, dan persepsi konsumen. Persepsi konsumen disertakan sebagai masukan dengan harapan agar mengetahui harga jual terbaik yang diminati konsumen. Hasil yang diperoleh menunjukan bahwa penentuan harga jual dapat dilakukan dengan menggunakan logika kabur yaitu Fuzzy Inference System sebagai simulasi penentuan harga jual.

Kata Kunci : Fuzzy Logic, Matlab toolbox, Harga jual, Membership function.

  1. S1-FTK-2009-Irwan_Ripati_Arismunandar-abstract.pdf  
  2. S1-FTK-2009-Irwan_Ripati_Arismunandar-bibliography.pdf  
  3. S1-FTK-2009-Irwan_Ripati_Arismunandar-tableofcontent.pdf  
  4. S1-FTK-2009-Irwan_Ripati_Arismunandar-title.pdf