Pengaruh Harga, Promosi, dan Varian Produk terhadap Minat Beli Konsumen Fapet Milk
Priska Diva Mahardika Putri, Ir. R. Ahmad Romadhoni Surya Putra, S.Pt., M.Sc., Ph.D., IPU., Asean Eng., APEC Eng.
2025 | Skripsi | ILMU DAN INDUSTRI PETERNAKAN
Penelitian ini memiliki latar belakang yaitu maraknya persaingan industri persusuan yang menyebabkan produsen Fapet Milk harus mengetahui minat beli konsumen untuk memahami pasar dan keinginan konsumen Fapet Milk yang menjadi landasan perancangan strategi pemasaran oleh produsen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh harga, promosi, dan varian produk terhadap minat beli konsumen Fapet Milk. Sampel yang diambil sebanyak 110 responden yang dihitung dengan metode purposive sampling dan pengambilan data menggunakan kuesioner yang disebarkan secara daring. Faktor minat beli (Y) konsumen terhadap pembelian produk Fapet Milk diukur dan ditentukan dari tiga variabel bebas yaitu faktor harga (X1), promosi (X2), dan varian produk (X3). Metode pengolahan data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda dengan menggunakan aplikasi olah data Microsoft Excel dan SPSS 23. Hasil dari pengolahan data tersebut menunjukkan bahwa promosi dan varian produk memiliki pengaruh signifikan dengan nilai signifikansi promosi sebesar 0,000 (P<0>0,01) dimana menunjukkan apabila variabel harga dalam penelitian ini tidak mempengaruhi minat beli konsumen. Nilai Fhitung 14,398 > Ftabel 2,075 menunjukkan bahwa pada penelitian ini variabel harga, promosi, dan varian produk secara bersama-sama atau simultan mempengaruhi variabel minat beli.
The research has a background with a competition for the milk industry that caused the Fapet Milk producers to know the interest of buying customers in order to understand that the consumer Fapet Milk is the basis for the marketing strategy. The purpose of this study is to analyze the impact of prices, promotions, and variants of products have on interest of buying Fapet Milk consumer. Samples taken of 110 respondents calculated by purposive sampling and data retrieval using a questionnaire distributed online. The consumer interest factor (Y) in the purchase of Fapet Milk producst is measure and determined from three free variable the price factors (X1), promotion (X2), and varian of the product (X3). The data processing method used is linear regression analysis using Microsoft Excel and SPSS 23. The results of the data processing show that promotions and variants of the product have a significant impact with the value of promotions of 0,000 (P < 0> 0,01) which suggests that the price variable in this research does not affect the interest of buying consumers. The value of Fcount 14,398 > Ftable 2,075 shows thath in research the variable of price, promotion, and variant products are simultaneously affect the variable on Fapet Milk consumer buying interest.
Kata Kunci : Harga, Minat Beli, Konsumen, Promosi, Varian