Rancangan, Pelaksanaan, dan Analisis Kelayakan Usaha Nasi Padang Mangkuak Salero
Miftakhul Jannah, Rachma Wikandari, S.T.P., M. Biotech., Ph.D; Ir. Erista Adisetya, M.M.
2025 | Skripsi | TEKNOLOGI PANGAN & HASIL PERTANIAN
Nasi Padang merupakan makanan yang banyak diminati oleh masyarakat Indonesia. Terdapat banyak perantau dari Sumatera Barat yang membuat nasi Padang banyak ditemukan di berbagai daerah salah satunya Daerah Istimewa Yogyakarta. Rasa yang lezat dan penuh rempah serta harga yang terjangkau menjadikan nasi Padang disukai banyak orang. Namun terdapat permasalahan kepraktisan saat mengonsumsi nasi Padang karena menggunakan kemasan kertas nasi. Ketika mengonsumsi nasi Padang menjadi mudah tumpah dan sulit untuk dibawa bepergian, sehingga hadirlah Mangkuak Salero yang menawarkan kepraktisan saat mengonsumsi nasi Padang yang mudah dibawa dan dikonsumsi di mana saja. Tujuan dari tugas akhir ini adalah untuk melihat tingkat penerimaan konsumen terhadap penggunaan kemasan paper bowl dalam bisnis kuliner nasi Padang, mengetahui strategi pemasaran yang dapat diterapkan untuk mencapai omzet yang diharapkan melalui penjualan nasi Padang dalam kemasan paper bowl dalam periode bisnis ini, mengetahui kelayakan usaha nasi Padang Mangkuak Salero. Nasi Padang Mangkuak Salero menawarkan menu-menu khas Minangkabau yang jarang ditemukan di Yogyakarta. Mangkuak Salero berhasil menjual sebanyak 274 porsi dengan total konsumen sebanyak 132 orang di mana 55 orang diantaranya pernah membeli lebih dari satu porsi. Hal tersebut menunjukkan bahwa terdapat potensi bahwa bisnis ini dapat dikembangkan. Namun perhitungan analisis kelayakan ekonomi, nilai ROI sebesar 6% menunjukkan bahwa usaha ini belum layak secara ekonomi. Meskipun demikian, bisnis ini dapat dikembangkan jika jumlah penjualan ditingkatkan dengan strategi pemasaran yang sesuai. Berdasarkan hasil penjualan, strategi pemasaran yang paling efektif adalah seasonal marketing.
Nasi Padang is a popular Indonesian dish. The presence of many migrants from West Sumatera has led to the widespread availability of nasi Padang to various regions, like Special Region of Yogyakarta. Its delicious, spice-rich flavor, and affordable price make it be a popular dish. However, a practicality issue arises when consuming it because of traditional paper packaging, which often leads to spills and makes it difficult to carry while traveling. This problem inspired to create Mangkuak Salero, which offers a practical solution with practical paper bowl packaging for easy on-the-go consumption. The aims of this final project are to measure consumer acceptance of paper bowl packaging in the nasi Padang culinary business, to identify marketing strategies to achieve the targeted sales turnover for nasi Padang sold in paper bowl packaging during the business period, and evaluate the feasibility of the nasi Padang Mangkuak Salero business. Mangkuak Salero offers authentic Minangkabau dishes rarely found in Yogyakarta. It has sold 274 portion to 132 customers, with 55 customers purchasing repeatedly or 41,67% from the total customers. This indicates potential for growth. However, an economic feasibility analysis revealed a Return on Investment (ROI) of 6%. It is suggesting the business is not yet economically viable. Despite this, increasing sales can help the business growth, supported by appropriate marketing strategies. Based on the sales outcomes, the most effective strategy was seasonal marketing.
Kata Kunci : Praktis, nasi Padang, paper bowl