Environmental Hazards that Can Affect Human Health: Medical Student Perspectives
Athalla Zia Mustofa, Dr. dr. Mubasysyir Hasanbasri, MA; Aditya Lia Ramadona, Ph.D.
2025 | Skripsi | PENDIDIKAN DOKTER
Lingkungan yang sehat dapat mencegah hampir seperempat dari kasus penyakit secara global. Bahaya lingkungan menimbulkan risiko signifikan bagi kesehatan manusia, sehingga sangat penting bagi tenaga medis untuk memiliki pemahaman yang komprehensif tentang bahaya tersebut. Studi ini bertujuan untuk meneliti variasi pengetahuan berdasarkan berbagai faktor, termasuk jenis kelamin dan lokasi geografis. Penelitian ini akan mencakup berbagai bahaya lingkungan, seperti polusi udara, pencemaran air, paparan bahan kimia, bahaya biologis, perubahan iklim, dan limbah berbahaya. Proposal penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki pemahaman mahasiswa kedokteran di FKKMK UGM terhadap bahaya lingkungan serta mengeksplorasi potensi kesenjangan dalam kurikulum medis terkait pendidikan kesehatan lingkungan. Kuesioner akan diberikan kepada 200 mahasiswa kedokteran yang dipilih secara acak dan terdaftar dalam mata kuliah Kesehatan Lingkungan. Tiga pertanyaan utama akan digunakan untuk menggali perspektif mahasiswa, memungkinkan analisis deskriptif terhadap pengalaman, gagasan, dan persepsi mahasiswa mengenai bahaya lingkungan. Analisis ini akan mengidentifikasi bahaya lingkungan mana yang menjadi perhatian utama mahasiswa serta di wilayah geografis tertentu. Selain itu, penelitian ini akan mengevaluasi berapa banyak mahasiswa yang memiliki pemahaman komprehensif tentang bahaya lingkungan, sehingga dapat memberikan wawasan mengenai perlunya intervensi pendidikan tambahan untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa.
Healthy environment can prevent almost one-quarter of global cases of disease. Environmental hazards pose significant risks to human health, making it crucial for medical professionals to comprehensively understand these hazards. The study will examine potential variations in knowledge across different factors, including gender and geographical location. The study will cover various hazards, for instance, air pollution, water contamination, chemical exposure, biological hazards, climate change, and hazardous waste. This research proposal aims to investigate the comprehension of environmental hazards among medical undergraduate students in FKKMK UGM and explore potential gaps in their knowledge of the medical curriculum about environmental health education. A questionnaire will be administered to a randomly selected subset of 200 students enrolled in the Environmental Health lecture. There will be three main questions to explore students' perspectives, allowing for a descriptive exploration of their experience, idea, and perceptions regarding environmental hazards. This analysis will identify which environmental hazards are of greatest concern to students and in specific geographical areas. Additionally, it will assess how many students have a comprehensive understanding of environmental hazards, providing insights into whether further educational interventions are needed to enhance their knowledge.
Kata Kunci : Environment, Hazard, Affect, Health, Knowledge