FORMULASI STRATEGI BERSAING PT DARE DREAM EQUESTRIAN
Annisa Amanda, Ely Susanto, S.IP., M.B.A., Ph.D.
2025 | Tesis | S2 MANAJEMEN (MM) JAKARTA
Penelitian yang berjudul “Formulasi Strategi Bersaing PT Dare Dream Equestrian” membahas mengenai strategi bersaing yang tepat bagi PT Dare Dream Equestrian yang merupakan sebuah perusahaan ritel perlengkapan berkuda di Indonesia. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Metode analisis data yang digunakan yaitu analisis lingkungan eksternal dengan kerangka PESTEL dan Porter’s Five Forces untuk mengidentifikasi peluang dan ancaman yang dihadapi perusahaan. Selain itu, juga menggunakan analisis internal dengan melihat Sumber Daya dan Kapabilitas, VRIO, serta SWOT untuk mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan yang dimiliki perusahaan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa PT Dare Dream Equestrian memiliki keunggulan kompetitif berkelanjutan seperti tim yang kompeten, reputasi yang baik, serta kepuasan yang tinggi. Melalui integrasi hasil analisis, strategi yang diusulkan yaitu focused differentiation strategy, yang berfokus pada diferensiasi produk yang berkualitas tinggi dengan cara segmentasi pelanggan, menciptakan produk yang belum pernah ada yang dapat membuka pasar baru dan menciptakan daya saing (creating demand), diferensiasi produk dan merek global, serta optimalisasi digitalisasi.
Pendekatan strategik ini akan memperkuat posisi PT Dare Dream Equestrian di pasar peralatan khusus berkuda (niche) dan dapat mempertahankan keunggulan kompetitifnya dari waktu ke waktu.
The research, titled “ Competitive Strategy Formulation of PT Dare Dream Equestrian,” discusses the appropriate competitive strategy PT Dare Dream Equestrian, which is a retail company specializing in equestrian equipment in Indonesia. This research adopts a qualitative research design with a case study approach. The data analysis methods employed include external environmental analysis using the PESTEL framework and Porter's Five Forces to identify the opportunities and threats faced by the company. Additionally, internal analysis is conducted by examining the company’s Resources and Capabilitues, VRIO, and SWOT frameworks to identify its strengths and weaknesses.
The findings reveal that PT Dare Dream Equestrian possesses several sustained competitive advantages, including a competent team, a strong reputation, and high customer satisfaction. By integrating the results of these analysis, the proposed strategy is a focused differentiation strategy, which emphasizes offering high-quality product differentiation through customer segmentation, creative innovative products to address long-term market needs, and open new markets (creating demand), leveraging product and global brand differentiation, and optimizing digitalization.
This strategic approach enables PT Dare Dream Equestrian to strengthen its position in the niche equestrian equipment market and maintain its competitive advantage overtime.
Kata Kunci : strategi bersaing, bisnis ritel, equestrian sport.