Laporkan Masalah

HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN, CARING PERAWAT DENGAN KECEMASAN ANAK USIA SEKOLAH DI RSA UGM YOGYAKARTA

Dwi Endah Yanuarti, Lely Lusmilasari S.Kp.,M.Kes., PhD Sri Hartini, S.Kep., Ns., M.Kes., PhD

2025 | Tesis | S2 Magister Keperawatan

Latar Belakang: Hospitalisasi merupakan suatu proses yang berencana atau darurat 

mengharuskan anak untuk tinggal di rumah sakit. Hospitalisasi secara psikologis 

berdampak pada beberapa hal yaitu depresi, stres, takut dan juga mengalami 

kecemasan. Kecemasan pada anak usia sekolah yang sakit timbul akibat terjadinya 

perubahan-perubahan fungsi anak. faktor yang berhubungan dengan kecemasan pada 

pasien anak yang mengalami hospitalisasi antara lain faktor jenis kelamin, pengalaman 

dirawat di rumah sakit, perilaku caring perawat, kualitas pelayanan. 

Tujuan: Mengetahui hubungan kualitas pelayanan, caring perawat dengan kecemasan 

anak usia sekolah di RSA UGM Yogyakarta. Selain itu, tujuan dari penelitian ini untuk 

menganalisis hubungan variabel luar kecemasan anak usia sekolah. 

Metode: Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini kuantitatif 

korelasional dengan pendekatan cross-sectional. Sampel dalam penelitian ini adalah 

pasien anak yang di rawat di RSA UGM berusia > 6-12 tahun dengan teknik purposive 

sampling. Penelitian ini dilakukan di ruang Anak RSA UGM mulai 1 September sampai 

30 November 2024. Pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner data sosio

demografi, kuesioner yang diadopsi dari ServQual yaitu kuesioner untuk mengukur 

kualitas pelayanan yang memiliki lima dimensi antara lain, Keandalan (Reliability), 

Daya tanggap/kesigapan (Responsiveness) Jaminan (Assurance), Empati (emphaty) 

dan Berwujud/bukti fisik (Tangibles) (Parasuraman et al.,1990 dalam Hidayati, 2023), 

kuesioner modifikasi dari Gadar Caring Scale (GCS-46) yang diadopsi dari penelitian 

Ambarwati (2019) terdiri dari domain perilaku, lingkungan dan administrasi Dan 

kuesioner modifikasi dari Depression Anxiety stress Scale (DASS) yang diadopsi dari 

penelitian Zaleha (2021) yang terdiri dari 14 item pernyataan. Analisis bivariat 

menggunakan uji Kendall’s tau-b dan Chi square.  

Hasil: Ada hubungan antara kualitas pelayanan dengan kecemasan anak usia sekolah 

(p<0 xss=removed>

perawat dengan kecemasan anak usia sekolah (p<0>

lemah (r = 0,165).  

Kesimpulan: Ada hubungan antara kualitas pelayanan, caring perawat dengan 

kecemasan anak usia sekolah. Kedepannya kualitas pelayanan dan caring perawat 

kepada pasien maupun keluarga dapat diberikan secara optimal terutama untuk 

meningkatkan dan mempertahankan kualitas pelayanan serta caring administrasi dan 

lingkungan maupun dalam pelayanan kepada pasien

Background: Hospitalisation is a planned or emergency process that requires a child 

to stay in hospital. Hospitalisation psychologically affects several things, namely 

depression, stress, fear and anxiety. Anxiety in sick school-age children arises due to 

changes in the child's function. Factors associated with anxiety in pediatric patients 

who experience hospitalisation include gender, hospital experience, caring behaviour 

of nurses, quality of service. 

Objective: Knowing the relationship between service quality, caring behaviour of 

nurses with anxiety of school-age children at RSA UGM Yogyakarta. In addition, the 

purpose of this study is to analyse the relationship between external variables of school

age children's anxiety and determine the most dominant variable associated with 

school-age children's anxiety. 

Methods: The research design used in this study was quantitative correlation with a 

cross-sectional approach. The sample in this study were paediatric patients who were 

treated at RSA UGM aged > 6-12 years with purposive sampling technique. This study 

was conducted in the Pediatric room of RSA UGM from 1 September to 30 November 

2024. Data collection was carried out using a socio-demographic data questionnaire, a 

questionnaire adopted from ServQual, which is a questionnaire to measure service 

quality which has five dimensions including Reliability, Responsiveness, Assurance, 

Empathy and Tangibles (Parasuraman et al., 1990). in Hidayati, 2023), a modified 

questionnaire from the Gadar Caring Scale (GCS-46) adopted from Ambarwati's 

research (2019) consisting of behavioural, environmental and administrative domains 

and a modified questionnaire from the Depression Anxiety stress Scale (DASS) 

adopted from Zaleha's research (2021) consisting of 14 statement items. Bivariate 

analysis using Kendall's tau-b test and Chi square. 

Results: There is a relationship between service quality and anxiety of school-age 

children (p<0 xss=removed>

relationship between caring nurses and school-age children's anxiety (p<0>

strength of the relationship being as low (r = 0.165).  

Conclusion: There is a relationship between service quality, caring nurses and anxiety 

of school-age children. In the future, the quality of service and caring of nurses to 

patients and families can be provided optimally, especially to improve and maintain the 

quality of service and caring of administration and the environment as well as in 

services to patients. 

Kata Kunci : kualitas pelayanan, caring perawat, kecemasan, usia sekolah

  1. S2-2025-501092-abstract.pdf  
  2. S2-2025-501092-bibliography.pdf  
  3. S2-2025-501092-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2025-501092-title.pdf