ANALISIS PENERAPAN TOTAL QUALITY MANAGEMENT PADA LAYANAN OPERASIONAL DINAS PENDIDIKAN LAMPUNG UTARA
M. Arta Jaya Sakti, Luluk Lusiantoro, S.E., M.Sc., Ph.D
2025 | Tesis | S2 Manajemen
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis
penerapan prinsip-prinsip Total Quality Management (TQM) pada layanan
operasional Dinas Pendidikan Kabupaten Lampung Utara serta mengidentifikasi
faktor-faktor penghambat dan pendukung dalam implementasinya. Penelitian ini
menggunakan pendekatan deskriptif dengan metode kualitatif melalui wawancara
mendalam, observasi, dan analisis dokumen terkait. Responden terdiri dari
pejabat struktural Dinas Pendidikan, seperti Kepala Dinas dan Kepala Bidang,
yang relevan dengan dimensi TQM yang diukur.
Hasil
penelitian menunjukkan bahwa penerapan prinsip TQM pada layanan operasional
Dinas Pendidikan Lampung Utara dapat diterapkan dengan mencakup dimensi
pembentuk Total Quality Management (TQM) pada lingkup pendidikan.
Namun, implementasi ini menghadapi beberapa tantangan, seperti keterbatasan
sumber daya, kurangnya pelatihan khusus, dan tidak meratanya kualitas layanan
antardaerah. Studi ini menegaskan pentingnya peningkatan kualitas berkelanjutan
melalui komitmen organisasi, pengembangan teknologi, dan kolaborasi aktif
dengan pemangku kepentingan.
Kontribusi penelitian ini adalah memberikan rekomendasi praktis bagi Dinas Pendidikan Kabupaten Lampung Utara untuk mengoptimalkan kinerja layanan operasionalnya dan menjadi rujukan bagi penelitian sejenis dalam penerapan TQM di sektor publik.
Kata Kunci : Total Quality Management, Dinas Pendidikan, kualitas layanan, pendidikan, Kabupaten Lampung Utara/Total Quality Management, Education Office, service quality, education, North Lampung Regency