CUSTOM MOTORCYCLE HUB DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA DENGAN PENEKANAN SHOWBIZ
Ken Ariqo Gibranni Athallah Al - Akhbar, Dr.Eng., Ar. Alexander Rani Suryandono, S.T., M.Arch., IAI.
2025 | Skripsi | ARSITEKTUR
Indonesia memiliki keragaman budaya dan seni yang melimpah, dengan banyaknya sumber daya manusia yang melebihi seperempat milyar jiwa. Seni dan budaya ini merambah kebanyak aspek, salah satu yang terpengaruh seni dan budaya ini adalah transportasi berupa kendaraan bermotor roda dua.
Daerah Istimewa Yogyakarta memiliki tradisi motor custom yang kuat. Yogyakarta memang telah memiliki beberapa acara besar dengan kelas nasional bahkan internasional yang diselenggarakan tahunan, seperti Kustomfest. Namun belum ada tempat terpusat yang memfasilitasi para pecinta motor kustom untuk berkolaborasi, berkreasi, dan bertukar informasi, atau bahkan proses produksi.
Penelitian ini bertujuan untuk merancang Custom Motorcycle Hub di DIY dengan penekanan pada konsep ShowBiz. Konsep ini digunakan agar budaya motor custom dapat lebih dikenal dengan baik dan menyeluruh, mulai dari jenisnya, sejarahnya, budayanya, hingga pelakunya. ShowBiz digunakan untuk menaikkan exposure motor custom kepada masyarakat melalui sebuah tontonan yang menarik, edukatif, serta interaktif. Hal itu dirancang dan diterjemahkan melalui studi arsitektural agar tercipta ruang yang layak untuk menampung segala bentuk kegiatan yang berkaitan dengan kegiatan komunitas motor kustom.
Dari permasalahan tersebut maka dipilihlah konsep ”Crea MotoBloc” sebagai solusi desain dengan transformasi berupa transformasi ruang, alur fungsi, dan program serta fasilitas. Transformasi ruang meliputi rancangan workshop yang nyaman dan fungsional, ruang pamer yang menarik, dan area publik yang nyaman. Alur fungsi terstruktur berdasarkan tingkat apresiasi seni dan luas area, memisahkan area workshop, ruang publik, dan area komersial. Program dan fasilitas meliputi edukasi, workshop, pameran, kafe, dan toko merchandise.
Tujuan utama Crea MotoBloc adalah meningkatkan kolaborasi dan kreasi dalam komunitas motor custom, mempromosikan budaya motor custom di Yogyakarta, dan menciptakan ruang publik yang menarik bagi para pecinta motor custom. Konsep ini menawarkan solusi inovatif yang bermanfaat bagi komunitas dan masyarakat Yogyakarta. Selain itu, Crea MotoBloc juga diharapkan dapat menjadi tempat wisata yang menarik bagi para pecinta motor custom dan meningkatkan citra Yogyakarta sebagai kota kreatif.
Indonesia has a rich cultural and artistic diversity, with a vast human resource of more than a quarter of a billion people. This art and culture permeates many aspects, including transportation in the form of two-wheeled motor vehicles.
The Special Region of Yogyakarta has a strong custom motorcycle tradition. Yogyakarta already has several major events with national and even international classes held annually, such as Kustomfest. However, there is no centralized place that facilitates custom motorcycle enthusiasts to collaborate, create, and exchange information, or even the production process.
This research aims to design a Custom Motorcycle Hub in DIY with an emphasis on the ShowBiz concept. This concept is used so that custom motorcycle culture can be better known and understood, from its types, history, culture, to its practitioners. ShowBiz is used to raise the exposure of custom motorcycles to the public through an engaging, educational, and interactive spectacle. This is designed and translated through architectural studies to create a space that is worthy of accommodating all forms of activities related to custom motorcycle community activities.
From these problems, the concept of "Crea MotoBloc" was chosen as a design solution with transformations in the form of space transformation, functional flow, and programs and facilities. Space transformation includes the design of comfortable and functional workshops, attractive showrooms, and comfortable public areas. The functional flow is structured based on the level of artistic appreciation and area size, separating the workshop area, public area, and commercial area. Programs and facilities include education, workshops, exhibitions, cafes, and merchandise stores.
The main goal of Crea MotoBloc is to increase collaboration and creativity within the custom motorcycle community, promote custom motorcycle culture in Yogyakarta, and create an attractive public space for custom motorcycle enthusiasts. This concept offers an innovative solution that benefits the community and society of Yogyakarta. In addition, Crea MotoBloc is also expected to become an attractive tourist destination for custom motorcycle enthusiasts and enhance Yogyakarta's image as a creative city.
Kata Kunci : Community Hub, ShowBiz, Kolaborasi, Kreatif, Komunitas, Budaya, Interaktif.