Laporkan Masalah

Perancangan Sistem Informasi Lead Time Dashboard Unit Alat Berat Di Divisi Marketing Dengan Menggunakan Metode Agile

NUR FADLI NOVANDA, Galuh Bahari, S.Tr., M.Sc.

2025 | Tugas Akhir | D4 TEKNIK PENGELOLAAN DAN PERAWATAN ALAT BERAT

Lead time merupakan waktu yang dibutuhkan dari saat pemesanan dibuat hingga barang tiba. Lead time pada suatu produk merupakan salah satu indikator penting dalam operasional suatu organisasi atau perusahaan terutama pada perusahaan alat berat. Divisi Marketing PT United Tractors Tbk belum memiliki pendataan serta pemantauan lead time pada proses bisnis unit alat berat yang membuat pendataan performa yang tidak terkontrol dan kurangnya transparansi antar bagian dalam proses bisnis sehingga menyebabkan keterlambatan sales order ke marketing. Oleh karena itu, penerapan sistem informasi lead time dashboard unit alat berat diperlukan untuk meningkatkan efektivitas proses bisnis pada perusahaan. Penelitian ini bertujuan merancang sistem informasi lead time dashboard alat berat berbasis website untuk mengelola proses bisnis dari pemesanan hingga serah terima ke pelanggan. Sistem ini diuji dengan metode usability testing untuk menilai kepuasan dan kemudahan pengguna menggunakan kuesioner System Usability Scale (SUS). Pengembangan dilakukan secara agile, dimulai dari identifikasi kebutuhan, analisis sistem, pembuatan prototipe, hingga pengujian dan verifikasi oleh stakeholder. Sistem dibuat menggunakan bantuan Laravel, PHP, dan MySQL. Hasil dari penelitian ini adalah sistem informasi yang dibuat dapat menampilkan lead time dari setiap bisnis proses alat berat di divisi marketing yang mencakup dari pemesanan dimulai hingga serah terima dengan customer. Selain itu, berdasarkan pengujian sistem informasi yang dilakukan kepada 10 responden masing masing perwakilan entitas pengguna sistem informasi, fungsi-fungsi sistem informasi berjalan dengan baik dan memperolah skor System Usability Scale (SUS) senilai 84 dan masuk dalam kategori grade A.


Lead time is the time required from when an order is placed until the goods arrive. Lead time for a product is one of the important indicators in the operations of an organization or company, especially in heavy equipment companies. The Marketing Division of PT United Tractors Tbk has not yet established data collection and monitoring of lead time in the heavy equipment business process, resulting in uncontrolled performance data and a lack of transparency between departments in the business process, which leads to delays in sales orders to marketing. Therefore, the implementation of a lead time dashboard information system for heavy equipment units is necessary to enhance the effectiveness of business processes in the company. This research aims to design a lead time dashboard information system for heavy equipment based on a website to manage the business process from ordering to delivery to the customer. This system was tested using the usability testing method to assess user satisfaction and ease of use using the System Usability Scale (SUS) questionnaire. Development was carried out in an agile manner, starting from needs identification, system analysis, prototype creation, to testing and verification by stakeholders. The system was created using Laravel, PHP, and MySQL. The result of this research is that the information system developed can display the lead time of each heavy equipment business process in the marketing division, covering the period from the start of the order to the handover to the customer. In addition, based on the testing of the information system conducted with 10 respondents, each representing the entities using the information system, the functions of the information system performed well and achieved a System Usability Scale (SUS) score of 84, placing it in the grade A category.

Kata Kunci : Sistem Informasi, Lead Time, Alat Berat, Agile

  1. D4-2025-464203-abstract.pdf  
  2. D4-2025-464203-bibliography.pdf  
  3. D4-2025-464203-tableofcontent.pdf  
  4. D4-2025-464203-title.pdf