Analisis faktor-faktor yang mendasari kepuasan pengguna akhir sistem aplikasi SAP R/3 di PT Telkom Divre IV Jateng DIY
MARTAMIHARDJA, Willy B, Surahyo, B.Eng.,M.Eng.Sc
2004 | Tesis | Magister ManajemenKeputusan atas investasi sistem informasi dan perhatian terhadap faktor penentu kesuksesan pengembangan sistem informasi menjadi suatu hal yang sangat penting dalam organisasi. Kesuksesan penerapan sistem informasi ditentukan oleh berbagai faktor, salah satunya adalah sumber daya manusia sebagai pengguna atau pemakai sistem informasi secara langsung. Kepuasan pengguna sistem informasi sudah dianggap sebagai salah satu ukuran terpenting dalam menilai kesuksesan suatu sistem informasi. Kepuasan pengguna akhir sistem dapat diukur melalui lima faktor yaitu content, accuracy, format, ease of use dan timeliness. PT. Telkom Indonesia sebagai salah satu perusahaan yang bergerak di bidang telekomunikasi memiliki banyak departemen yang mendukung operasionalnya dimana departemen-departemen tersebut memerlukan suatu sistem untuk memproses dan mengkomunikasikan data mereka. Salah satu sistem yang baik untuk diadopsi oleh PT. Telkom Indonesia adalah Enterprise Resources Planning (ERP) system. Sedangkan software yang digunakan PT. Telkom Indonesia untuk mengimplementasikan ERP system mereka adalah SAP R/3. Pada penelitian yang dilakukan pada pengguna aplikasi SAP R/3 di PT. Telkom Divre IV Jateng DIY dengan menggunakan metode analisis faktor dihasilkan komponen content sebagai komponen yang muncul sebagai faktor paling dominan yang mendasari kepuasan pengguna akhir sistem aplikasi SAP R/3. Sedangkan komponen yang paling terakhir muncul atau harus diperhatikan lebih jauh oleh perusahaan yaitu komponen kepuasan pengguna terhadap kemudahan mengenai penggunaan (ease of use) sistem aplikasi SAP R/3. Berdasarkan kajian diatas, evaluasi terhadap komponen-komponen kepuasan pengguna akhir sistem ini sebaiknya dilakukan secara periodik oleh perusahaan, mengingat sikap pengguna akhir sistem terhadap sistem aplikasi cenderung berubah-ubah. Selain itu Manajer Sistem Informasi bisa fokus pada komponen-komponen kepuasan pengguna sebagai kontribusi penting untuk meningkatkan keefektifan sistem aplikasi SAP R/3. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jika akan mengembangkan sistem informasi yang baru atau menambah modul baru dalam aplikasi SAP R/3, perusahaan harus mengurangi kompleksitas dari software yang akan digunakan dan membuat interface yang lebih mudah untuk dikostumisasi agar bisa mengurangi atau bahkan menghilangkan masalah kemudahan menggunakan (ease of use) sistem aplikasi.
Decisions on information systems investment and its intention toward the determinant factors of the successful information systems development become a crucial thing in organizations. The successful of information systems implementation is determined by some factors, one of them is human resource as the direct user of information systems. User satisfaction is considered as one of the most important dimension on information systems success. End-user satisfaction can be measured through five factors; content, accuracy, format, ease of use and timeliness. PT. Telkom Indonesia as one of the telecommunication company has several departments which operationally supported by information systems to process and to communicate their data internally. Enterprise Resources Planning (ERP) system is an appropriate system to be adopted by PT. Telkom Indonesia. Meanwhile SAP R/3 is the software to support ERP system in PT. Telkom Indonesia. Based on the research in PT. Telkom Divre IV Jateng DIY, specifically the SAP R/3 end-users by using factor analysis obtained “content†component as one of the components which appeared dominantly toward SAP R/3 end-user satisfaction. On the other hand, the last component appeared which is needed to be handled further by the company is “ease-of-use†component. Refers to the finding above, the evaluation toward end-user satisfaction components preferably conducted in periodic by the company, considering that end-user attitude toward application systems normally change time by time. Whereas information system manager could be focus on end-user satisfaction components as significant contributors to improve SAP R/3 application effectiveness. The results has shown in term of new information systems development or to extent new module on SAP R/3 application, company should reduce software complexity and make their user interfaces easier to customize in order to reduce ease-of-use problems.
Kata Kunci : Manajemen Layanan,Kepuasan Pengguna,Sistem Aplikasi SAP R/3, end-user satisfaction, information system implementation, SAP R/3 application