Pemilihan Undercarriage dan Analisis Desain Chassis Untuk Unit Crawler Dumper
Adji Nurkholist, Dr. Setyawan Bekti Wibowo, S.T., M.Eng.
2025 | Tugas Akhir | D4 TEKNIK PENGELOLAAN DAN PERAWATAN ALAT BERAT
Kegiatan pemanenan dan pengangkutan hasil panen kelapa sawit sangat
penting dalam proses produksi minyak sawit. Salah satu kendala yang ditemui
dalam proses ini adalah medan yang sulit mengakibatkan kendaraan pengangkutan
tidak efisien. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan menganalisis
modifikasi undercarriage pada unit crawler dumper untuk
meningkatkan efisiensi pengangkutan di perkebunan kelapa sawit. Modifikasi
dilakukan dengan menggantikan undercarriage truck dengan undercarriage
excavator yang dirancang untuk menghadapi medan berat seperti jalan
berlumpur dan berbatu. Metode penelitian meliputi pemilihan spesifikasi undercarriage
dan perancangan chassis menggunakan material ASTM A36 untuk memastikan
kekuatan dan daya tahan. Tahapan perancangan melibatkan pengumpulan data
terkait spesifikasi undercarriage, pemilihan
undercarriage yang sesuai, dan desain chassis. Simulasi dilakukan menggunakan perangkat lunak SolidWorks
dengan analisis beban statis untuk menguji kekuatan struktur chassis dan mengetahui
nilai tegangan, perpindahan, serta faktor keamanan. Unit excavator
Hitachi ZX 138 MF dipilih sebagai undercarriage karena mampu berfungsi
secara optimal di berbagai kondisi medan dan sesuai dengan spesifikasi unit
yang akan dimodifikasi. Hasil simulasi menunjukkan bahwa desain chassis
mampu menahan beban operasional dengan safety factor yang memadai dengan
nilai safety factor sebesar 3,4 untuk memastikan kendaraan dapat
beroperasi secara efisien di medan yang sulit. Modifikasi ini diharapkan dapat
meningkatkan produktivitas dan mengurangi biaya operasional transportasi di
perkebunan kelapa sawit.
The harvesting and
transportation of oil palm crops are critical in the palm oil production
process. One of the challenges encountered in this process is the difficult
terrain, which renders transportation vehicles inefficient. This study aims to
design and analyze modifications to the undercarriage of a crawler dumper to
improve transportation efficiency in oil palm plantations. The modification
involves replacing the truck undercarriage with an excavator undercarriage,
designed to handle rough terrain such as muddy and rocky paths. The research
method includes selecting the undercarriage specifications and designing a
chassis made of ASTM A36 material to ensure strength and durability. The design
stages involve collated data related to undercarriage specifications, selected
the appropriate undercarriage, and designed the chassis. Simulations were
conducted using SolidWorks software with static load analysis to test the
structural strength of the chassis and to determine the stress, displacement,
and safety factor values. The Hitachi ZX 138 MF excavator unit was selected as
the undercarriage due to its optimal performance across various terrains and
its suitability for the modified unit specifications. The simulation results
showed that the chassis design could withstand operational loads with a
sufficient safety factor of 3,4 ensuring the vehicle’s efficiency in
challenging terrains. This modification is expected to improve productivity and
reduce operational transportation costs in oil palm plantations
Kata Kunci : crawler dumper, undercarriage, chassis design, simulation, oil palm plantation.