ANALISIS NUMERIK PENGARUH VARIASI DIAMETER DAN NILAI PITCH TERHADAP PERFORMA AERODINAMIKA PROPELLER PADA UAV SURVEILLANCE
HENDRA FAISAL RAHMAN, Ir. Muhammad Agung Bramantya, S.T., MT., M.Eng., Ph.D., IPM., ASEAN Eng.
2025 | Skripsi | TEKNIK MESIN
Perkembangan
pesawat tanpa awak (UAV) telah merambah berbagai sektor seperti militer,
kehutanan, dan logistik, terutama untuk keperluan pengawasan dan pemetaan. Di
Indonesia, UAV penting untuk mengatasi ancaman perburuan liar di hutan tropis,
seperti perangkap pejerat yang sering ditargetkan pada harimau Sumatra. Teknologi
UAV berjenis Vertical Take-off and Landing Plane (VTOL-Plane)
memungkinkan pesawat dapat lepas landas vertikal sekaligus memiliki daya
jelajah tinggi yang tentunya cocok untuk misi pengawasan di hutan indonesia. Penelitian
ini berfokus pada perancangan propeller yang selanjutnya dilakukan
analisis numerik terhadap variasi pitch dan diameter untuk memahami
performa dari aerodinamika propeller.
Penelitian
ini mengkaji berbagai aspek desain propeller, termasuk bentuk sudut,
distribusi pitch dan Panjang chord dengan tujuan menghasilkan
gaya dorong yang optimal. Proses perancangan dimulai dengan menentukan model
referensi propeller dengan mempertimbangkan spesifikasi yang dibutuhkan,
lalu dilanjutkan dengan pembuatan desain 3d propeller. Penelitian
dilanjutkan dengan melakukan analisis numerik menggunakan metode CFD untuk
mengetahui pengaruh variasi blade pitch angle dan diameter pada propeller
terhadap performa aerodinamika berupa thrust pada rpm tertentu. Terdapat
tiga variasi pitch dengan nilai 5 inci, 5,4 inci dan 5,8 inci, serta
tiga variasi diameter propeller dengan nilai, 15 inc, 16 inci, dan 17 inci.
Simulasi CFD dilakukan pada keadaan climb.
Hasil
penelitian menunjukan bahwa thrust meningkat seiring dengan bertambahnya
diameter dan nilai pitch pada propeller. hasil ini diharapkan
dapat memberikan kontribusi bagi kemajuan UAV dengan memberikan informasi
berharga dalam perancangan dan optimalisasi propeller. Desain propeller
dimaksudkan untuk meningkatkan kinerja penerbangan, daya tahan dan keandalan
UAV, sehingga memungkinkan durasi penerbangan yang lebih lama dan peningkatan
kemampuan operasi untuk berbagai macam aplikasi, termasuk pengawasan dan
pemantauan lingkungan. Pada penelitian ini kontur kecepatan, tekanan dan streamline
di sekitar uav akan ditampilkan.
The
development of Unmanned Aerial Vehicles (UAVs) has expanded across various
sectors such as military, forestry, and logistics, primarily for surveillance
and mapping purposes. In Indonesia, UAVs play a crucial role in addressing
threats to biodiversity, particularly illegal poaching activities in tropical
forest, including traps set for Sumatran tigers. The Vertical Take-off
and Landing Plane (VTOL-Plane) UAV technology enables vertical take-off
while maintaining high range, making it especially suitabel for surveillance
missions in Indonesian forests. This research focuses on propeller
design, followed by a numerical analysis of pitch and diameter
variations to understand propeller aerodynamic performance.
The research
focuses on propeller design, followed by a numerical analysis of pitch
and diameter variations to evaluate propeller aerodynamic performance.
The design process begins by determining a reference propeller model
considering required specifications, followed by creating a 3D propeller
design. The research continues with numerical analysis using Computational
Fluid Dynamics (CFD) methods to investigate the effect of blade pitch angle
and diameter variations on aerodynamic performance, specifically thrust at
a given RPM. Three pitch variations were used: 5 inches, 5.4 inches, and
5.8 inches, along with three propeller diameter variations of 15 inches,
16 inches, and 17 inches. CFD simulations were conducted under climbing
conditions.
Research
results demonstrate that thrust increases with increasing propeller
diameter and pitch values. The findings of this research are expected to
contribute to UAV advancements by providing valuable insights into propeller
design and optimization. The propeller design aims to enhance flight
performance, endurance, and UAV reliability, enabling longer flight durations
and improved operational capabilities for various applications, including
environmental surveillance and monitoring. In this study, velocity
contours, pressure, and streamlines around the UAV will be presented.
Kata Kunci : UAV, CFD, Thrust, Propeller