Manajemen Media Sosial Untuk Diseminasi Hasil Kajian (Studi Kasus Manajemen Konten Instagram @ypusurefisipol oleh Youth Studies Center UGM)
Viridian Mangsah Puspandara, Mashita Phitaloka Fandia Purwaningtyas, S.I.P., M.A.
2024 | Skripsi | Ilmu Komunikasi
Kemudahan informasi hari ini memungkinkan bagi siapapun untuk menjadi
produsen maupun konsumen pesan. Penggunaan media sosial oleh kaum muda yang
masif, mendorong para produsen untuk menyajikan pesan yang dapat menarik
perhatian mereka. Tidak hanya konten hiburan saja, tetapi juga konten dengan
pesan yang mengangkat isu terkini dan konten dengan berbasis keilmuan. Tentu pengemasan konten tersebut akan berbeda
dan keunikannya bergantung pada bagaimana pesan tersebut diproduksi dan dikemas.
Youth Studies Center atau YouSure, sebagai salah satu Pusat Kajian Kepemudaan
menyajikan konten diseminasi penelitian dan konten keilmuan mereka yang dikemas
dengan gaya kaum muda dan disebarkan melalui kanal media sosial Instagram
mereka. Penelitian ini ingin mengetahui bagaiman proses manajemen konten yang
dilakukan oleh sebuat pusat studi sebagai media diseminasi. Observasi penelitian
dilaksanakan dengan rentang waktu Oktober 2023 sampai Oktober 2024 karena
terdapat momentum Sumpah Pemuda sebagai ciri bagi Youth Studies Center. Peneliti
menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus milik Robert K.
Yin. Penelitian ini juga menggunakan konsep The Circular Model of SoMe dan
konsep Media Sosial dan High Quality Content untuk melihat perpaduan
manajemen konten dengan distribusi konten kepemudaan di Instagram YouSure.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses manajemen yang dilakukan oleh
YouSure telah memenuhi aspek teori yang digunakan akan tetapi secara
keseluruhan konten yang terunggah belum mencerminkan high quality content.
Today's ease of information makes it possible for anyone to be both a producer and a consumer of messages. The massive use of social media by young people encourages producers to present messages that can attract their attention. Not only entertainment content, but also content with messages that raise current issues and scientific-based content. Of course, the packaging of such content will be different and its uniqueness depends on how the message is produced and packaged. The Youth Studies Center or YouSure, as one of the Youth Studies Centers, presents their research dissemination content and scientific content packaged in a youthful style and disseminated through their Instagram social media channel. This research wants to find out how the content management process is carried out by a study center as a dissemination media. Research observations were carried out with a time span of October 2023 to October 2024 because there was a momentum of Youth Pledge as a characteristic for the Youth Studies Center. The researcher used a qualitative approach with Robert K. Yin's case study method. This research also uses the concept of The Circular Model of SoMe and the concepts of Social Media and High Quality Content to see the combination of content management with the distribution of youth content on YouSure Instagram. The results of this study show that the management process carried out by YouSure has fulfilled the aspects of the theory used, but the overall content of YouSure's Instagram account is not of high quality.
Kata Kunci : manajemen konten, pusat kajian, high quality content, Instagram, kajian kepemudaan