Laporkan Masalah

PERBEDAAN PENGARUH MEDIA EDUKASI PERMAINAN MONOPOLI DAN MODUL TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN KESEHATAN GIGI DAN MULUT ANAK USIA 8-9 TAHUN

Sekar Rahma Kamila, drg. Ignatius Sulistyo Jatmiko. M.Kes., Sp. KGA.; drg. Shoimah Alfa Makmur, MDsc., Sp.KGA.,

2025 | Skripsi | PENDIDIKAN DOKTER GIGI

Karies gigi merupakan salah satu masalah kesehatan gigi dan mulut yang 
sering dialami oleh anak usia sekolah. Berdasarkan Hasil Riset Kesehatan Dasar 
(2018), proporsi anak yang mengalami karies pada usia 5-9 tahun adalah sebanyak 
92,6?n usia 10-14 tahun sebanyak 73,4%. Hal ini dapat disebabkan oleh 
perilaku kesehatan gigi dan mulut yang buruk akibat kurangnya pengetahuan. 
Pengetahuan kesehatan gigi dan mulut dapat ditingkatkan melalui penggunaan 
media edukasi yang tepat. Salah satu alternatif media edukasi yang dapat digunakan 
adalah permainan. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan pengaruh 
permainan edukasi monopoli dengan pembelajaran berbasis modul dalam 
meningkatkan pengetahuan kesehatan gigi dan mulut pada anak usia 8-9 tahun di 
SDN Percobaan 2 Yogyakarta.
Penelitian ini menggunakan desain Quasi Experimental dengan rancangan 
Pre-test Post-test Control Group Design. Terdapat 52 subjek yang terbagi dalam
kelompok edukasi melalui permainan monopoli dan kelompok edukasi 
menggunakan modul. Penilaian pengetahuan dilakukan sebelum dan sesudah 
intervensi. Data dianalisis menggunakan Uji Wilcoxon untuk membandingkan hasil 
pre-test dan post-test masing-masing kelompok dan kemudian dilakukan Uji Mann
Whitney untuk membandingkan selisih antar kedua kelompok.
Kedua intervensi secara signifikan meningkatkan pengetahuan kesehatan 
gigi dan mulut (Puji = 0,000 < Pvalue = 0,05). Kelompok edukasi dengan 
permainan monopoli mengalami peningkatan rata-rata pengetahuan yang lebih 
tinggi (3,04 ± 0,47) dibandingkan kelompok modul (1,77 ± 0,18). Selain itu, 
penyebaran skor pada kelompok monopoli lebih konsisten dibandingkan kelompok 
modul. Hal ini menunjukkan bahwa edukasi dengan permainan monopoli lebih
meningkatkan pengetahuan kesehatan gigi dan mulut dibandingkan modul pada 
anak usia 8-9 tahun serta dapat menjadi alternatif media edukasi yang menarik dan 
menyenangkan.
Kata kunci : Edukasi Permainan Monopoli, Edukasi Modul, Pengetahuan 
Kesehatan Gigi dan Mulut, Anak Usia 8-9 Tahun

Dental caries is a prevalent oral health issue among school-aged children. 
Data from the 2018 Basic Health Research indicate that 92.6% of children aged 5–
9 years and 73.4% of children aged 10–14 years are affected by caries. This high 
prevalence is closely associated with poor oral health behaviors, often stemming 
from inadequate knowledge. Improving oral health knowledge through effective 
educational strategies is crucial for addressing this problem. Interactive educational 
media, such as games, offer a promising alternative to traditional methods. This 
study compares the effectiveness of monopoly game-based education versus 
module-based education in enhancing oral health knowledge among children aged 
8–9 years at SDN Percobaan 2 Yogyakarta.
This study uses a Quasi-Experimental design with a Pre-test Post-test 
Control Group Design. There were 52 subjects divided into two groups: the 
monopoly game-based education group and the module-based education group. 
Knowledge assessments were conducted before and after the intervention. Data 
were analyzed using the Wilcoxon Test to compare pre-test and post-test results 
within each group, followed by the Mann-Whitney Test to compare the differences 
between the two groups.
Both interventions significantly improved oral health knowledge (Ptest 
0.000 < P>value =0.05). The monopoly game-based education group showed a higher 
average increase in knowledge (3.04 ± 0.47) compared to the module group (1.77 
± 0.18). Additionally, the spread of scores in the monopoly group was more 
consistent than in the module group. This indicates that monopoly game-based 
education is more effective in improving oral health knowledge compared to 
module-based education in children aged 8-9 years, and it can serve as an engaging 
and enjoyable alternative educational tools.
Keywords: Monopoly Game Education, Module Education, Oral Health 
Knowledge, Children Aged 8-9 Years.

Kata Kunci : Edukasi Permainan Monopoli, Edukasi Modul, Pengetahuan Kesehatan Gigi dan Mulut, Anak Usia 8-9 Tahun

  1. S1-2025-480458-abstract.pdf  
  2. S1-2025-480458-bibliography.pdf  
  3. S1-2025-480458-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2025-480458-title.pdf