Perancangan Digital Travel Guidebook dengan Pendekatan Storynomics di Desa Wisata Sidorejo, Kapanewon Lendah, Kabupaten Kulon Progo
GINA HANIF NABILA, Handayani Rahayuningsih, S.S., M.Sc., H. T. S., C. H. E.
2025 | Tugas Akhir | D4 Bisnis Perjalanan Wisata
Desa Wisata Sidorejo merupakan desa wisata yang berlokasi di Kalurahan Sidorejo, Kapanewon Lendah, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Desa wisata ini menawarkan atraksi wisata yang berbasis budaya dan kearifan lokal. Selain itu, Desa Wisata Sidorejo juga memiliki atraksi alam dan buatan. Beragamnya atraksi yang ada belum dikenal secara luas oleh wisatawan. Lalu, tidak adanya sumber informasi mengenai Desa Wisata Sidorejo secara lengkap sehingga perlunya digital travel guidebook yang dapat diakses dengan mudah oleh wisatawan. Narasi yang menarik di dalam buku panduan wisata sangat diperlukan untuk memantik minat berkunjung wisatawan. Storynomics yang merupakan konsep pendekatan narasi yang memuat informasi sejarah, budaya dan cerita lokal dapat menjadi isi konten di travel guidebook. Tujuan dari penelitian ini yaitu mengidentifikasi dan menganalisis komponen pariwisata 6A (Attraction, Accessibility, Amenities, Available Packages, Activities, dan Ancillary Services) dan perancangan digital travel guidebook dengan pendekatan storynomics di Desa Wisata Sidorejo. Metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif dan teknik pengumpulan data meliputi observasi terstruktur, wawancara terstruktur dan semi terstruktur, dokumentasi, dan studi pustaka. Dari penelitian ini menghasilkan output berupa digital travel guidebook Desa Wisata Sidorejo yang memuat unsur 6A berupa soft file yang dapat diakses dengan mudah oleh wisatawan melalui gawai.
Sidorejo Tourism Village was a tourist village located
in the Sidorejo sub-district of Kapanewon Lendah, Kulon Progo Regency, in the
Yogyakarta Special Region. This village offered a variety of attractions,
including those based on cultural and local wisdom, as well as natural and
artificial sites. However, these attractions were not widely recognized by
tourists at that time. There was a significant lack of comprehensive
information resources available to visitors, emphasizing the need for a digital
travel guidebook that could be easily accessed. A travel guidebook featuring an
engaging narrative had the potential to generate interest among tourists. The
concept of "storynomics," which involved integrating historical
information, cultural insights, and local narratives into travel guidebooks,
could have provided a valuable approach. The objective of this research was to
identify and analyze the 6A tourism components (Attraction, Accessibility,
Amenities, Available Packages, Activities, and Ancillary Services) and to
design a digital travel guidebook employing the storynomics approach for
Sidorejo Tourism Village. The research method utilized was qualitative, with
data collection techniques including structured observation, structured and
semi-structured interviews, documentation, and literature review. The outcome
of this research was a digital travel guidebook for Sidorejo Tourism Village
that encompassed the 6A elements in soft file format for easy access by
tourists via their devices.
Kata Kunci : Desa Wisata Sidorejo, desa wisata, digital travel guidebook, storynomics