Optimalisasi Manajemen Pengetahuan dan Dokumentasi dalam Pengembangan Sistem Metode Agile: Studi Kasus Pengembangan ERP
Fitri Indriyajati, Sony Warsono, MAFIS., Ak., CA., Ph.D.
2024 | Tesis | S2 Ilmu Akuntansi/Akuntansi Terapan
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui transfer pengetahuan dan pendokumentasian pengembangan Sidek ERP dengan metode agile. Aplikasi ini dikembangkan oleh laboratorium Akuntansi Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada sebagai pemilik produk dan CV Gaskeun Teknologi Alfa sebagai pengembang Sidek ERP. Pengembangan Sidek ERP menggunakan metode agile yang dinamis terhadap perubahan persyaratan dan mengatasi tenggat waktu pengembangan. Peneliti menggunakan model SECI (Socialization, Externalization, Combination, Internalization) untuk menganalisis proses transfer pengetahuan yang berbeda antar individu. Socialization pada pengembangan Sidek ERP terdiri dari forum group discussion, magang, benchmarking, retrospektif, standup meeting dan diskusi informal. Eksternalization pada pengembangan Sidek ERP terdiri dari desain aplikasi, koding, product backlog, sprint planning, ERD dan skema database. Combination pada pengembangan Sidek ERP terdiri dari slicing, testing dan API. Internalization pada pengembangan Sidek ERP terdiri dari prototyping, teaching factory, dan learning by doing. Meskipun metode agile bersifat fleksibel terhadap dokumentasi, pengembangan Sidek ERP tetap memastikan bahwa dokumen-dokumen penting seperti product backlog, roadmap items, dan test verification report dikelola baik untuk menjamin kualitas dan efektivitas pengembangan.
The objective of this research is to understand the knowledge transfer and documentation processes in the development of Sidek ERP using the agile method. This application is developed by the Accounting Laboratory of the Faculty of Economics and Business, Universitas Gadjah Mada as the product owner, in collaboration with CV Gaskeun Teknologi Alfa as the developer of Sidek ERP. The development of Sidek ERP utilizes the agile method, which is dynamic in responding to changes in requirements and meeting development deadlines. The researcher employed the SECI model (Socialization, Externalization, Combination, Internalization) to analyze different knowledge transfer processes among individuals. The socialization in the development of Sidek ERP included forum group discussions, internships, benchmarking, retrospectives, stand-up meetings, and informal discussions. The externalization involved application design, coding, product backlog, sprint planning, ERD, and database schema. The combination included slicing, testing, and API. The internalization involved prototyping, teaching factory, and learning by doing. Although the agile method is flexible regarding documentation, the development of Sidek ERP ensures that essential documents like product backlog, roadmap items, and test verification reports are well managed to guarantee the quality and effectiveness of the development.
Kata Kunci : Pengembangan Sistem, Transfer Pengetahuan, SECI, Dokumentasi Pengembangan, ISO 9001