Laporkan Masalah

Penerapan Guided Discovery Learning pada Pembelajaran Jarak Jauh untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Kedokteran di Daerah Terdepan, Terluar, dan Tertinggal (D-3T)

SAMDEI CAROLINA RUMBINO, Prof. dr. Titi Savitri Prihatiningsih, MA, M.Med.Ed, Ph.D; dr. Widyandana, MHPE, Ph.D., Sp.M(K)

2024 | Disertasi | S3 Kedokteran Umum

Kemampuan berpikir kritis merupakan salah satu indikator keberhasilan dalam pembelajaran. Untuk memperoleh kemampuan berpikir kritis yang baik, perlu diterapkan sebuah model yang dapat membimbing peserta didik dalam mengkonstruksikan pemikirannya sehingga mereka mampu menemukan konsep untuk memecahkan permasalahan yang ada. Model Guided Discovery Learning merupakan model yang bertujuan melatih peserta didik dalam menemukan konsep secara mandiri untuk memecahkan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model Guided Discovery Learning terhadap kemampuan berpikir kritis mahasiswa di Fakultas Kedokteran Universitas Cenderawasih Papua pada tahun 2023.
Penelitian ini terdiri dari tiga langkah utama: pertama, studi pendahuluan yang mencakup kajian teori dan pengamatan terhadap produk atau kegiatan yang ada; kedua, pengembangan produk atau program kegiatan baru; ketiga, pengujian atau validasi produk atau program kegiatan yang baru. Kegiatan pengembangan dilakukan melalui beberapa kali uji coba dengan sampel terbatas dan sampel yang lebih luas. Penentuan sampel menggunakan metode convenience sampling yang terdiri dari dua Kelompok A (GDL dengan Mentor) dan  Kelompok B (GDL tanpa Mentor). Hasil analisis menunjukkan adanya peningkatan kemampuan berpikir kritis pada kedua kelompok. Meskipun kedua kelompok mengalami peningkatan, proses berpikir dan penerapan kemampuan berpikir kritis pada Kelompok A (GDL dengan Mentor) lebih baik dibandingkan Kelompok B (GDL tanpa mentor).
Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model Guided Discovery Learning efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa self-regulation yang tinggi pada kedua kelompok memberikan dampak positif pada kemampuan berpikir kritis dalam mengambil keputusan, sehingga langkah-langkah penyelesaian kasus menjadi lebih jelas dan terarah.

Critical Critical thinking skills are an essential indicator of success in learning. To develop strong critical thinking skills, it is necessary to implement a learning model that guides students in constructing their thoughts to discover concepts for solving existing problems. The Guided Discovery Learning model aims to train students to independently discover concepts to address these problems. This study aims to evaluate the effectiveness of the Guided Discovery Learning model on the critical thinking skills of medical students at Cenderawasih University, Papua, in 2023.

This research comprises three main steps: first, a preliminary study that includes a theoretical review and observation of existing products or activities; second, the development of new products or activity programs; and third, the testing or validation of these new products or activity programs. The development activities were conducted through several trials with both limited and broader samples. The sample selection employed the random sampling method, consisting of two experimental groups. The analysis results demonstrated an increase in critical thinking skills in both groups. Although both groups showed improvement, the thinking process and application of critical thinking skills were superior in the intervention group with a mentor compared to the group without a mentor.

Based on the research findings, it can be concluded that the application of the Guided Discovery Learning model is effective in enhancing students’ critical thinking skills. The study indicates that high self-regulation in the intervention groups positively impacted critical thinking skills in decision-making, thereby making the steps in case resolution clearer and more focused.

Kata Kunci : Guided Discovery Learning, Distance Education, Critical Thinking

  1. S3-2024-468130-abstract.pdf  
  2. S3-2024-468130-bibliography.pdf  
  3. S3-2024-468130-tableofcontent.pdf  
  4. S3-2024-468130-title.pdf